Volume 3 Nomor 1 Juli 2013....

MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MAKE-A MATCH


Oberta Ratna Dewi

Abstrak

SDN III Widoro UPT Pendidikan Kec. Sidoharjo Kabupaten Wonogiri

Abstrak : Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan prestasi belajar PKn  Melalui Media Pembelajaran Make-A Match. Tempat penelitian Sekolah Dasar Negeri III Widoro UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sidoharjo. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VI  Sekolah Dasar Negeri III Widoro  sejumlah 12 siswa terdiri 7 laki-laki dan 5 perempuan.

Metode yang digunakan pada penelitian ini sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri tiga pertemuan, dua pertemuan tatap muka pembelajaran, satu pertemuan terakhir digunakan untuk tes. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan sesuai rencana, pengamatan, dan refleksi hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan data dokumentasi dan tes untuk kondisi awal, proses pelaksanaan penelitian melalui tes dan non tes. 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Make-A Match mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri III Widoro Sidoharjo  pada semester genap tahun 2012 / 2013 mata pelajaran PKn. Hal ini terlihat dari hasil penelitian dan pembahasan kondisi awal sampai kondisi siklus II. Kondisi awal siswa pada pelajaran PKn yang masuk kategori berminat 16,7 %, siklus II naik menjadi 5041,7 % berarti terjadi peningkatan sebesar 31,25%, sedangkan kategori sangat berminat pada kondisi awal 0 % naik menjadi 41,7 %. Nilai prestasi kondisi awal rata-rata 65,0 pada siklus I menjadi 75,8 berarti terjadi kenaikan sebesar  10,8 atau 16,6%. Nilai rata-rata pada siklus II 79,8 terjadi kenaikan sebesar 5,3 % dari siklus I. Peningkatan nilai rata-rata prestasi kondisi awal sampai siklus II terjadi peningkatan sebesar 14,8 atau sebesar 22,8 %.

Kata kunci : Media, Make-A Match, Minat, Prestasi Belajar.

 

Abstract

This study aims to increase interest and achievement of learning Civics Through Learning Media Make-A- Match. Place Elementary School III study Widoro UPT Sidoharjo the District Education Office . Subjects were all students of class VI Elementary School III Widoro number of 12 students comprised 7 men and 5 women.

The method used in this study were two cycles , each cycle consisting of three meetings , two meetings face-to -face learning , a meeting was last used for the test . Each cycle consists of four stages : planning the action , implementing appropriate action plans , observation , and reflection observations                                             .
Data collection techniques using data documentation and tests for the initial conditions , the process of conducting research through the tests and non- test.

Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the application of the Make-A- Match method is able to increase interest and student achievement Elementary School III Widoro Sidoharjo the second semester of 2012/2013 Civics subjects . This is evident from the results of research and discussion conditions start to the second cycle conditions . Initial conditions on Civics students who are interested in the category of 16.7 % , the second cycle increased to 5041.7 % means an increase of 31.25 % , while the category is very interested in the initial conditions 0 % increase to 41.7 % . Baseline achievement scores on average 65.0 in the first cycle to 75.8 means an increase of 10.8 or 16.6 % . The average value of 79.8 in the second cycle there is an increase of 5.3 % from the cycle I. Increased average value achievement initial conditions until the second cycle there is an increase of 14.8 or 22.8%.

Keywords : Media , Make-A- Match, Interests , Learning Achievement .

Informasi: 0
Total Halaman : 140 Halaman
Penulis : Oberta Ratna Dewi




PENINGKATAN KREATIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA “MI BUCAMAT” BERBANTUAN KUIS WHO WANTS TO BE THE WINNER DENGAN TEKNIK “COLAK CALEK” PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VIIC SMPN 1 RAKIT


Abstrak:

Pembelajaran Matematika di kelas VIIC SMP Negeri 1 Rakit terdapat masalah antara lain: Rendahnya minat belajar siswa, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung, kreatifitas siswa belum tertanam pada diri siswa selama proses pembela...

Oleh : Wahyudi
Vol : Volume 3 Nomor 1 Juli 2013
Dilihat : 3146 Kali
Jumlah Halaman : 0



UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PKN TENTANG NKRI MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANJARSARI 2016 / 2017


Abstrak:

Model NHT digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memicu atau merangsang gagasan siswa.  Selama ini hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sangat rendah dikarenakan guru belum melaksanakan metode ataupun media yang bervariasi seh...

Oleh : SUMADI, S.Pd., MM
Vol : Volume 6 Nomor 1 Desember 2017
Dilihat : 812 Kali
Jumlah Halaman : 17



PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN RAGAM KRAMA DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYAJIKAN TEKS DIALOG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 WELERI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Kurangnya keterampilan peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal  tahun pelajaran 2014/2015 dalam materi ragam krama dapat diminimalkan dengan penggunaan media inovatif. Salah sata media tersebut yakni media Crossword Puzzle Game ....

Oleh : Romdonah
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 2336 Kali
Jumlah Halaman : 1