Volume 3 Nomor 2 November 2014....

PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X IPA 2 SMAN 4 SEMARANG


Sri Wahyuni

Abstrak

Kompetensi menulis anekdot siswa SMAN 4 Semarang rendah karena pengajaran menulis anekdot tidak menarik. Guru masih menggunakan media pembelajaran lama. Selain itu, ada sebagian siswa kesulitan dalam membedakan antara cerita lucu (jenaka) dan anekdot. Dari 36 siswa, baru 5 siswa atau 13,89 % yang nilai menulisnya mencapai ketuntasan belajar. Permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah  berapakah  besaran  peningkatan  kompetensi menulis anekdot dan bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa dengan memanfaatkan media  gambar  berseri?.Tujuan  penelitian  ini  adalah  menentukan  besaran   peningkatan
kompetensi menulis anekdot dan (2) memaparkan perubahan perilaku belajar siswa dengan media  gambar  berseri.  Metode  yang  digunakan  PTK  terdiri  dari  dua  siklus.  Analisis  data yang  digunakan  adalah  kuantitatif  dan  kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  ada peningkatan. Pada prasiklus, dari 36 siswa atau 13,89 % hanya 5 siswa atau 13,89 % yang tuntas dengan nilai rata-rata 58,97 atau kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan siklus I, nilai rata-rata menjadi 68,57 atau kategori cukup baik sedangkan  yang tuntas ada 20 orang atau 55,56 %. Kemudian, nilai rata-rata siklus II sebesar 76,78 atau kategori baik dan yang
tuntas ada 32 siswa atau 88,89 %. Artinya ada peningkatan dari prasiklus ke siklus I menjadi nilai rata-rata 9,6 atau 41,67 % dan siklus I ke siklus II nilai.

Kata kunci:  media, gambar berseri, anekdot, cerita lucu (jenaka)


Abstract :

Competence write anecdotes SMAN 4 Semarang low because teaching writing is not interesting anecdotes . Teachers are still using the old learning media . In addition , there are some students difficulty in distinguishing between a funny story ( playful ) and anecdotes .Of the 36 students , only 5 or 13.89 % of students who wrote it reaches the value of mastery learning . The problem in this study is what is the magnitude of the increase in competence to write  an  anecdote  and  how  changes  in  students' learning  behavior  by  the  media  using  the image glow ? . Purpose of this study was to determine the magnitude of the increase in t he competence  of  writing  anecdotes  and  (  2  )  describes  the  changes  in  learning  behavior  of students  with  media  images  beamed  .  The  method  used  consisted  of  two  cycles  of  PTK  .Analysis of the data used is quantitative and qualitative . The results showed no improvement . In prasiklus , of 36 students or 13.89 % only 5 students or 13.89 % were completed with an average value of 58.97 or less category . After the first cycle of action , the average value becomes 68.57 or category quite well , while there are 20 persons who completed or 55.56 %. Then , the average value of the second cycle of 76.78 or better category and there were 32 students who completed or 88.89 % . This means that there is an increase of prasiklus to the first cycle to the average value of 9.6 , or 41.67 % , and the cycle I to cycle II values.

Keywords: media , serial images , anecdotes , funny stories ( humorous )

Informasi: 0
Total Halaman : 158 Halaman
Penulis : Sri Wahyuni




PENINGKATAN KREATIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA “MI BUCAMAT” BERBANTUAN KUIS WHO WANTS TO BE THE WINNER DENGAN TEKNIK “COLAK CALEK” PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VIIC SMPN 1 RAKIT


Abstrak:

Pembelajaran Matematika di kelas VIIC SMP Negeri 1 Rakit terdapat masalah antara lain: Rendahnya minat belajar siswa, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung, kreatifitas siswa belum tertanam pada diri siswa selama proses pembela...

Oleh : Wahyudi
Vol : Volume 3 Nomor 1 Juli 2013
Dilihat : 2975 Kali
Jumlah Halaman : 0


PERMAINAN KERETA LANGSIR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA UNTUK MENGUASAI KOSA KATA DALAM TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARANGLEWAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013


Abstrak:

Peran kosa kata dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat penting. Oleh karena itu, guru dituntut  mengembangkan kreativitas dalam menciptakan inovasi baru pada proses pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah me...

Oleh : Angkat Adi Cahyoko Adi.yoko@yahoo.com
Vol : Volume 4 Nomor 2 Nov 2015
Dilihat : 2099 Kali
Jumlah Halaman : 5


PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN RAGAM KRAMA DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYAJIKAN TEKS DIALOG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 WELERI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Kurangnya keterampilan peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal  tahun pelajaran 2014/2015 dalam materi ragam krama dapat diminimalkan dengan penggunaan media inovatif. Salah sata media tersebut yakni media Crossword Puzzle Game ....

Oleh : Romdonah
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 2225 Kali
Jumlah Halaman : 1


PENINGKATAN DAYA KRITIS SISWA KELAS IX-A PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PORTOFOLIO BASED LEARNING DI SMP NEGERI 4 SINGOROJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Model pembelajaran portofolio merupakan model pembelajaran yang dirancang agar peserta didik dapat memahami teori secara meluas melalui pengalaman belajar praktik empirik dengan mengaitkan konsep materi yang dipelajari. Dalam model pembelajaran po...

Oleh : Kabul Aris Surono
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 1818 Kali
Jumlah Halaman : 197