Volume 3 Nomor 2 November 2014....

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KLS XII IS 1 SEMESTER 1 SMA 2 SEMARANGTAHUN PELAJARAN 2011/2012


Sri Bayu Ratih Purbo

Abstrak

Masalah yang mendasari penelitian tindakan kelas ini adalah nilai mata pelajaran Ekonomi kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian tidak memuaskan, dibuktikan dengan rata-rata nilai ulangan harian 74,31 , dengan daya serap 55% , sedangkan SMA2 Semarang mulai tahun ajaran 2009/2010 KKM untuk mata pelajaran ekonomi/akuntansi 75. Guru juga belum menggunakan model yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model yang dapat meningkatkan rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran tutor sebaya yaitu model yang digunaka untuk menggairahkan kemauan peserta didik untuk mengajarkan materi pada temanya, karena hubungan antar teman pada umumnya lebih dekat dibandingkan hubungan antar guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diberi model pembelajaran tutor sebaya mengalami kenaikan yaitu dalam siklus 1 daya serap 79%, tetapi belum tuntas secara klasikal , kemudian pada siklus II mengalami kenaikan 94 % artinya siswa telah menguasai pelajaran Akuntansi khusus materi Ayat jurnal Penyesuaian. Hal ini sesuai dengan indikator kerja dikatakan berhasil jika pemahaman pembelajaran akuntansi materi ayat jurnal penyesuaian melalui penerapan model tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu 85% siswa telah mencapai nilai 75.

Kata kunci: prestasi belajar, ayat jurnal penyesuaian, model tutor sebaya

Informasi: 0
Total Halaman : 1 Halaman
Penulis : Sri Bayu Ratih Purbo




PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN METODE ROLE PLAYING BERBASIS MULTIMEDIA PADA KELAS X MIPA2 SMA NEGERI I KEDUNGWUNI SEMESTER SATU TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan keaktifan dan hasil belajar fisika melalui metode role playing berbasis multi media. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus 1 terdapat  ...

Oleh : Usrotun Marichah
Vol : Volume 3 Nomor 1 Juli 2013
Dilihat : 2514 Kali
Jumlah Halaman : 1


PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN RAGAM KRAMA DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYAJIKAN TEKS DIALOG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 WELERI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Kurangnya keterampilan peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal  tahun pelajaran 2014/2015 dalam materi ragam krama dapat diminimalkan dengan penggunaan media inovatif. Salah sata media tersebut yakni media Crossword Puzzle Game ....

Oleh : Romdonah
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 1988 Kali
Jumlah Halaman : 1


PENINGKATAN PERILAKU BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MELALUI CASE CONFERENCE BERBANTUAN MEDIA KELAS X SMA 12 SEMARANG 2012/2013


Abstrak:

Data hasil belajar ulangan tengah semester 1 kelas X 2012/2013, menunjukkan bahwa tidak semua siswa potensi belajarnya berkembang secara wajar dan sehat, 46,64 % hasil belajar yang dicapai di bawah potensi yang dimiliki. Untuk mengatasi masalah te...

Oleh : Galuh Wijayanti
Vol : Volume 3 Nomor 2 November 2014
Dilihat : 3225 Kali
Jumlah Halaman : 0



UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KOMPETENSI SISTEMHUKUMDANPERADILAN NASIONAL MELALUIPENERAPANMETODEMIND MAPPING PADASISWAKELAS XB MAN 2 SEMARANG


Abstrak:

Rendahnya minat dan partisipasi aktif siswa kelas XB MAN 2 Semarang dirasakan kurang terhadap proses kegiatan belajar mengajar PKn yang berakibat perolehan nilai yang dicapai pada ulangan harian I terendah dari 7 kelas dengan hasil nilai rata-rata...

Oleh : Masrukhan MAN 2 Semarang Alkutari@gmail.com
Vol : Volume 4 Nomor 2 Nov 2015
Dilihat : 2390 Kali
Jumlah Halaman : 5