Volume 1 Nomor 1 November 2012....

PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN RAGAM KRAMA DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYAJIKAN TEKS DIALOG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 WELERI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Romdonah

Abstrak

Kurangnya keterampilan peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal  tahun pelajaran 2014/2015 dalam materi ragam krama dapat diminimalkan dengan penggunaan media inovatif. Salah sata media tersebut yakni media Crossword Puzzle Game .Penelitian ini menggunakan dua tahap (siklus I dan siklus II) yang bertujuan untuk mengetahui proses belajar yang menggunakan media Crossword Puzzle Game, mengetahui peningkatan penguasaan ragam krama, dan mengetahui perubahan perilaku belajar peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal setelah digunakan Crossword Puzzle Game. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap prasiklus nilai rata-rata hasil tes mencapai 62,34. Hal tersebut meningkat sebesar 14.69% pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 77,03. Hasil tes pada siklus II meningkat sebesar 9.22%  dari siklus I dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 86.25. Peningkatan ini diikuti perubahan perilaku belajar peserta didik ke arah positif.

Kata kunci: media Crossword Puzzle Game, penguasaan ragam krama, menulis dan menyajikan teks dialog

 

Informasi: 0
Total Halaman : 1 Halaman
Penulis : Romdonah




PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DAUR HIDUP HEWAN SECARA METAMORFOSIS MELALUI BERMAIN KARTU MODEL WEBBING PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SDN BONGKOK 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Abstrak:

Latar belakang masalah yang mendasari Penelitian ini adalah hasil belajar IPA Materi daur hidup hewan di sekitar dengan metamorfosis tidak memuaskan, dibuktikan hasil belajar siswa rata-rata 54 dan ketuntasan kelas 54%. Penelitian tindakan kelas i...

Oleh : Ibnu Kamijo SD Negeri Bongkok01Kabupaten Tegal
Vol : Volume 6 Nomor 1 Desember 2017
Dilihat : 963 Kali
Jumlah Halaman : 9


PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS-KREATIF MATERI EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA DENGAN LEMBAR KERJA SISWA DIVERGEN DI SMA 1 KUDUS


Abstrak:

Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis-kreatif materi ekosistem di SMA 1 Kudus, melalui model pembelajaran bermakna dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) divergen. Penelitian dilaksanakan 2 siklus pada bulan Februari-Apri...

Oleh : Triastuti Evawani
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 3218 Kali
Jumlah Halaman : 140


PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN KARTU SOAL DENGAN TEKNIK BERMAIN “APIK” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS.1 SMA NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Sejarah adalah mata pelajaran yang menyajikan rangkaian kehidupan manusia masa lampau untuk dibawa ke kelas dengan harapan dapat mendukung  pembentukan karakter bangsa. Karakteristik pembelajaran sejarah tersebut menjadi alasan mengapa pada k...

Oleh : Puji Rahayu
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 2658 Kali
Jumlah Halaman : 1


PENGEMBANGAN MODULPEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODELPEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP N 1 KALINYAMATAN JEPARA


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan mengkaji dan menganalisis awal kondisi dan hasil belajar IPS peserta didik di SMP N 1 Kalinyamatan Jepara, menyusunprototipe modulpembelajaran IPS berbasis model problem based learning, menganalisis tingkat keberterimaan d...

Oleh : Sukarlin SMP N 1 Kalinyamatan Jepara Karlinoce@gma
Vol : Volume 5 Nomor 2 Januari 2017
Dilihat : 1236 Kali
Jumlah Halaman : 14