Volume 1 Nomor 1 November 2012....

PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN RAGAM KRAMA DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYAJIKAN TEKS DIALOG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 WELERI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Romdonah

Abstrak

Kurangnya keterampilan peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal  tahun pelajaran 2014/2015 dalam materi ragam krama dapat diminimalkan dengan penggunaan media inovatif. Salah sata media tersebut yakni media Crossword Puzzle Game .Penelitian ini menggunakan dua tahap (siklus I dan siklus II) yang bertujuan untuk mengetahui proses belajar yang menggunakan media Crossword Puzzle Game, mengetahui peningkatan penguasaan ragam krama, dan mengetahui perubahan perilaku belajar peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal setelah digunakan Crossword Puzzle Game. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap prasiklus nilai rata-rata hasil tes mencapai 62,34. Hal tersebut meningkat sebesar 14.69% pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 77,03. Hasil tes pada siklus II meningkat sebesar 9.22%  dari siklus I dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 86.25. Peningkatan ini diikuti perubahan perilaku belajar peserta didik ke arah positif.

Kata kunci: media Crossword Puzzle Game, penguasaan ragam krama, menulis dan menyajikan teks dialog

 

Informasi: 0
Total Halaman : 1 Halaman
Penulis : Romdonah




UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA MATERI GERAK RITMIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS EVENT/SPORT EDUCATION MODEL (SEM) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI SRIWEDARI 2 SALAMAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana model pembelajaran Berbasis Event/Sport Education Model (SEM) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar gerak ritmik bagi siswa kelas V SD Negeri Sriwedari 2 Salaman semester I tahun pelaja...

Oleh : Marjiyati SDN Sriwedari 2 Salaman Magelang
Vol : Volume 6 Nomor 1 Desember 2017
Dilihat : 169 Kali
Jumlah Halaman : 9



PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN METODE ROLE PLAYING BERBASIS MULTIMEDIA PADA KELAS X MIPA2 SMA NEGERI I KEDUNGWUNI SEMESTER SATU TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan keaktifan dan hasil belajar fisika melalui metode role playing berbasis multi media. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus 1 terdapat  ...

Oleh : Usrotun Marichah
Vol : Volume 3 Nomor 1 Juli 2013
Dilihat : 2328 Kali
Jumlah Halaman : 1


PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN KARTU SOAL DENGAN TEKNIK BERMAIN “APIK” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS.1 SMA NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Sejarah adalah mata pelajaran yang menyajikan rangkaian kehidupan manusia masa lampau untuk dibawa ke kelas dengan harapan dapat mendukung  pembentukan karakter bangsa. Karakteristik pembelajaran sejarah tersebut menjadi alasan mengapa pada k...

Oleh : Puji Rahayu
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 2070 Kali
Jumlah Halaman : 1