Volume 3 Nomor 1 Juli 2013....

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN METODE ROLE PLAYING BERBASIS MULTIMEDIA PADA KELAS X MIPA2 SMA NEGERI I KEDUNGWUNI SEMESTER SATU TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Usrotun Marichah

Abstrak

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan keaktifan dan hasil belajar fisika melalui metode role playing berbasis multi media. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus 1 terdapat  3 pertemuan dan siklus 2 terdapat 2 pertemuan. Subyek penelitian  peserta didik kelas X MIPA 2  SMA Negeri 1 Kedungwuni semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Terjadi peningkatan rata-rata nilai ulangan harian dari  69,90  menjadi 80,00 dan ketuntasan klasikal dari 57,5% menjadi 87,5% .

Kata kunci: keaktifan, hasil belajar, metode role playing, dan multi media.

Informasi: 0
Total Halaman : 1 Halaman
Penulis : Usrotun Marichah





ANTI GALAU DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION) SUATU MODEL PEMBELAJARAN BERKARAKTER KEBANGSAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SOSIALISASI KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PANINGGARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Abstrak:

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mencari solusi untuk masalah dalam pembelajaran sosiologi di kelas. Peneliti menggunakan model pembelajaran contekstual learning tipe STAD dikombinasi dengan ANTI GALAU yang merupakan kependekan dari Aktif, ...

Oleh : Luluk Wulandari SMA 1 Paninggaran
Vol : Volume 6 Nomor 1 Desember 2017
Dilihat : 830 Kali
Jumlah Halaman : 10


PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS-KREATIF MATERI EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA DENGAN LEMBAR KERJA SISWA DIVERGEN DI SMA 1 KUDUS


Abstrak:

Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis-kreatif materi ekosistem di SMA 1 Kudus, melalui model pembelajaran bermakna dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) divergen. Penelitian dilaksanakan 2 siklus pada bulan Februari-Apri...

Oleh : Triastuti Evawani
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 3151 Kali
Jumlah Halaman : 140


PENINGKATAN KREATIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA “MI BUCAMAT” BERBANTUAN KUIS WHO WANTS TO BE THE WINNER DENGAN TEKNIK “COLAK CALEK” PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VIIC SMPN 1 RAKIT


Abstrak:

Pembelajaran Matematika di kelas VIIC SMP Negeri 1 Rakit terdapat masalah antara lain: Rendahnya minat belajar siswa, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung, kreatifitas siswa belum tertanam pada diri siswa selama proses pembela...

Oleh : Wahyudi
Vol : Volume 3 Nomor 1 Juli 2013
Dilihat : 3007 Kali
Jumlah Halaman : 0


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI KEHIDUPAN MASYARAKAT PRASEJARAH BAGI SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 REMBANG PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Abstrak:

Minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Rembang, tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran mindmapping pada materi kehidupan masyarakat prasejarah sebagai upaya meningkatkan minat da...

Oleh : Dwi Hastuti SMA N 1 Rembang
Vol : Volume 4 Nomor 2 Nov 2015
Dilihat : 3153 Kali
Jumlah Halaman : 6