Volume 3 Nomor 1 Juli 2013....

PENINGKATAN KREATIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA “MI BUCAMAT” BERBANTUAN KUIS WHO WANTS TO BE THE WINNER DENGAN TEKNIK “COLAK CALEK” PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VIIC SMPN 1 RAKIT


Wahyudi

Abstrak

Pembelajaran Matematika di kelas VIIC SMP Negeri 1 Rakit terdapat masalah antara lain: Rendahnya minat belajar siswa, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung, kreatifitas siswa belum tertanam pada diri siswa selama proses pembelajaran berlangsung, media pembelajaran jarang digunakan sehingga proses pembelajaran kurang bervariasai, prestasi belajar siswa kurang memuaskan sehingga proses pembelajaran yang berlangsung belum efektif. Kompleksnya permasalahan yang dihadapi guru matematika di SMP Negeri 1 Rakit menuntut guru untuk melakukan sebuah usaha perbaikan atau tindakan. Sebagai alternatifnya pembelajaran melalui penggunaan alat peraga “Mi Bu Camat” berbantuan kuis Who Want To be The Winner dengan teknik “Colak Calek”. Dengan pembelajaran tersebut diharapkan kreatifitas  belajar siswa lebih meningkat, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri 2 siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreafitas dan prestasi belajar siswa pada materi segiempat. Peningkatan kreatifitas belajar siswa bisa dilihat dari: mengemukakan pendapat, keterampilan menggunakan alat peraga, keaktifan dalam diskusi, dan kerja sama dalam kelompok. Pembelajaran melalui penggunaan alat peraga “Mi Bucamat” berbantuan kuis Who Wants to be The Winner dengan teknik “Colak Calek” dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa jumlah kriteria amat baik dan baik pada siklus 1 berjumlah 17 siswa atau 68,75% pada siklus 2 meningkat menjadi berjumlah 20 siswa atau 85,41%. Hasil tes ahir siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan hasil tes siklus I yaitu dari 18 siswa atau 75% yang memperoleh nilai diatas KKM meningkat menjadi 22 siswa atau 91,67%.

Kata Kunci    : Alat peraga Mi Bu Camat, kuis Who Want To be The Winner, Teknik Colak Calek, Kreativitas belajar, Prestasi belajar, Segi empat.

Informasi: 0
Total Halaman : 0 Halaman
Penulis : Wahyudi




PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN RAGAM KRAMA DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYAJIKAN TEKS DIALOG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 WELERI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Kurangnya keterampilan peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal  tahun pelajaran 2014/2015 dalam materi ragam krama dapat diminimalkan dengan penggunaan media inovatif. Salah sata media tersebut yakni media Crossword Puzzle Game ....

Oleh : Romdonah
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 1984 Kali
Jumlah Halaman : 1



PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN KARTU SOAL DENGAN TEKNIK BERMAIN “APIK” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS.1 SMA NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Sejarah adalah mata pelajaran yang menyajikan rangkaian kehidupan manusia masa lampau untuk dibawa ke kelas dengan harapan dapat mendukung  pembentukan karakter bangsa. Karakteristik pembelajaran sejarah tersebut menjadi alasan mengapa pada k...

Oleh : Puji Rahayu
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 2200 Kali
Jumlah Halaman : 1



MODEL PEMBELAJARAN ROPLAYDOWPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA 1 KUDUS.


Abstrak:

Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan hasil belajar materi Sistem Respirasi dan Sistem Ekskresi Manusia di SMA N 1 Kudus, melalui model pembelajaran ROPLAYDOWPING. Penelitian dilaksanakan 2 siklus pada bulan Februari-Mei 2016. Data diambil ...

Oleh : Triastuti Evawani SMA N 1 Kudus Triastutievawani15
Vol : Volume 5 Nomor 2 Januari 2017
Dilihat : 738 Kali
Jumlah Halaman : 19