Volume 4 Nomor 2 Nov 2015....

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI KEHIDUPAN MASYARAKAT PRASEJARAH BAGI SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 REMBANG PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Dwi Hastuti SMA N 1 Rembang

Abstrak

Minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Rembang, tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran mindmapping pada materi kehidupan masyarakat prasejarah sebagai upaya meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini merupakan classactionresearch yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi langkah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel minat belajar sejarah siswa terdiri dari lima indikator. Variabel hasil belajar didasarkan pada perolehan nilai hasil tes. Indikator minat belajar diperoleh dengan teknik pengamatan, sedangkan indikator hasil belajar diperoleh dengan teknik tes. Setelah tindakan siklus I, pencapaian skor hasil belajar sejarah siswa adalah 61%. Hasil siklus I menunjukkan pencapaian skor yang tidak bagus di beberapa subindikator. Kemudian peneliti melakukan tindakan pada siklus II seperti siklus I. Pencapaian skor hasil belajar sejarah siswa mencapai 74%. Pada siklus I perolehan skor beberapa indikator kurang bagus sehingga peneliti melakukan hal yang sama seperti penelitian di siklus I. Pada siklus II tencapaian skor minat belajar sejarah siswa bertambah. Dengan model pembelajaran ini minat dan hasil belajar sejarah siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan.Oleh karena itu, model pembelajaran mindmapping pada materi kehidupan masyarakat prasejarah dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada mata pelajaran sejarah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah siswa.

Kata kunci: Minat belajar sejarah; Hasil belajar sejarah; Model pembelajaran mindmapping

Informasi:
Total Halaman : 6 Halaman
Penulis : Dwi Hastuti SMA N 1 Rembang




PENINGKATAN DAYA KRITIS SISWA KELAS IX-A PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PORTOFOLIO BASED LEARNING DI SMP NEGERI 4 SINGOROJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Model pembelajaran portofolio merupakan model pembelajaran yang dirancang agar peserta didik dapat memahami teori secara meluas melalui pengalaman belajar praktik empirik dengan mengaitkan konsep materi yang dipelajari. Dalam model pembelajaran po...

Oleh : Kabul Aris Surono
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 1597 Kali
Jumlah Halaman : 197


UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA BAHASA INDONESIA TENTANG MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARSARI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Abstrak:

Pada kesempatan ini, peneliti (guru) membahas tentang menulis karangan melalui gambar seri. Gambar seri digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memicu atau merangsang gagasan siswa untuk dituangkan dalan bentuk tulisan.  Selama ini ha...

Oleh : Teguh Basuki Guru SD Negeri 2 Banjarsari
Vol : Volume 4 Nomor 2 Nov 2015
Dilihat : 1893 Kali
Jumlah Halaman : 3


MEDIA AKIC UNTUK MENINGKATKAN KWALITAS PROSES & HASIL PEMBELAJARAN KETRAMPILAN MENULIS TEKS NARRATIVE KELAS VIII SMP N 1 WADASLINTANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Pembelajaran ketrampilan menulis teks monolog bagi kelas VIII memberikan kompetensi untuk mengungkapkan makna dan menguasai langkah-langkah retorika dalam menghasilkan teks recount dan narrative. Pada kenyataan, peserta didik menemukan kesulitan d...

Oleh : Sudadi Guru SMP N 1 Wadaslintang, Wonosobo, Jawa T
Vol : Volume 4 Nomor 2 Nov 2015
Dilihat : 2013 Kali
Jumlah Halaman : 3


PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN RAGAM KRAMA DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYAJIKAN TEKS DIALOG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 WELERI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Kurangnya keterampilan peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal  tahun pelajaran 2014/2015 dalam materi ragam krama dapat diminimalkan dengan penggunaan media inovatif. Salah sata media tersebut yakni media Crossword Puzzle Game ....

Oleh : Romdonah
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 2032 Kali
Jumlah Halaman : 1