Volume 5 Nomor 2 Januari 2017....

INKUIRI TERBIMBING DENGAN ALAT EKSPERIMEN “SEMUD DARAH” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 1 BUKATEJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Joko Arifin SMP N 1 Bukateja Aquarius3281@gmail.co

Abstrak

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran dan seberapakah besar peningkatan keterampilan proses sains (KPS) dasar siswa SMP Negeri 1 Bukateja kelas VIIIG menggunakan model inkuri terbimbing dengan alat eksperimen “Semud Darah” (sederhana, mudah, dan murah). PTK ini dilakukan dua siklus, dimana tiap tiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Penelitian ini menyimpulkan adanya peningkatan KPS dasar sebesar 28,88. Hasil siklus I, rata-rata nilai KPS dasar 71,44 dan 56,25% siswa tuntas, sedangkan siklus II, rata-rata nilai KPS dasar 84,17 dan 87,50% siswa tuntas.

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Alat Eksperiemen “Semud Darah”, dan keterampilan proses sains dasar

Informasi:
Total Halaman : 20 Halaman
Penulis : Joko Arifin SMP N 1 Bukateja Aquarius3281@gmail.co




ANTI GALAU DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION) SUATU MODEL PEMBELAJARAN BERKARAKTER KEBANGSAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SOSIALISASI KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PANINGGARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Abstrak:

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mencari solusi untuk masalah dalam pembelajaran sosiologi di kelas. Peneliti menggunakan model pembelajaran contekstual learning tipe STAD dikombinasi dengan ANTI GALAU yang merupakan kependekan dari Aktif, ...

Oleh : Luluk Wulandari SMA 1 Paninggaran
Vol : Volume 6 Nomor 1 Desember 2017
Dilihat : 297 Kali
Jumlah Halaman : 10


PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN RAGAM KRAMA DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYAJIKAN TEKS DIALOG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 WELERI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Kurangnya keterampilan peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal  tahun pelajaran 2014/2015 dalam materi ragam krama dapat diminimalkan dengan penggunaan media inovatif. Salah sata media tersebut yakni media Crossword Puzzle Game ....

Oleh : Romdonah
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 1984 Kali
Jumlah Halaman : 1


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KLS XII IS 1 SEMESTER 1 SMA 2 SEMARANGTAHUN PELAJARAN 2011/2012


Abstrak:

Masalah yang mendasari penelitian tindakan kelas ini adalah nilai mata pelajaran Ekonomi kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian tidak memuaskan, dibuktikan dengan rata-rata nilai ulangan harian 74,31 , dengan daya serap 55% , sedangkan SMA2 Sema...

Oleh : Sri Bayu Ratih Purbo
Vol : Volume 3 Nomor 2 November 2014
Dilihat : 3190 Kali
Jumlah Halaman : 1


PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN METODE ROLE PLAYING BERBASIS MULTIMEDIA PADA KELAS X MIPA2 SMA NEGERI I KEDUNGWUNI SEMESTER SATU TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan keaktifan dan hasil belajar fisika melalui metode role playing berbasis multi media. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus 1 terdapat  ...

Oleh : Usrotun Marichah
Vol : Volume 3 Nomor 1 Juli 2013
Dilihat : 2498 Kali
Jumlah Halaman : 1