Volume 6 Nomor 1 Desember 2017....

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA MATERI GERAK RITMIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS EVENT/SPORT EDUCATION MODEL (SEM) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI SRIWEDARI 2 SALAMAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Marjiyati SDN Sriwedari 2 Salaman Magelang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana model pembelajaran Berbasis Event/Sport Education Model (SEM) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar gerak ritmik bagi siswa kelas V SD Negeri Sriwedari 2 Salaman semester I tahun pelajaran 2015/2016.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus, siklus I dilaksanakan dengan 2 pertemuan dan siklus II juga dilaksanakan dengan 2 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sriwedari 2 Salaman yang berjumlah 27 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias, aktif, tidak malas,  dan merasa senang. Sedangkan nilai kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes unjuk kerja senam ritmik, nilai rerata siswa siklus I 72,27 dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 59,25% dari ketentuan sekolah yaitu 75. Pada siklus II meningkat nilai rerata menjadi 81,40 dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 85,18%. Hasil ini sangat meningkat dibandingkan dengan hasil tes unjuk kerja siswa kelas V pra siklus yang dapat dilihat dari hasil tes unjuk kerja senam ritmik nilai reratanya 68,83 dan siswa yang mencapai KKM hanya 55,55% tuntas dari ketentuan KKM sekolah yaitu 75. Melalui model pembelajaran Berbasis Event/Sport Education Model (SEM) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar gerak ritmik bagi siswa kelas V SD Negeri Sriwedari 2 Salaman semester I tahun pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci   : Model Pembelajaran, Pendekatan event, hasil belajar 

Informasi: marjiyati17@gmail.com
Total Halaman : 9 Halaman
Penulis : Marjiyati SDN Sriwedari 2 Salaman Magelang




PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN RAGAM KRAMA DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYAJIKAN TEKS DIALOG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 WELERI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Kurangnya keterampilan peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal  tahun pelajaran 2014/2015 dalam materi ragam krama dapat diminimalkan dengan penggunaan media inovatif. Salah sata media tersebut yakni media Crossword Puzzle Game ....

Oleh : Romdonah
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 1941 Kali
Jumlah Halaman : 1



UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA DAN BAGIAN-BAGIANNYA MENGGUNAKAN PERAGA TORSO SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PANDANHARUM KECAMATAN GABUS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil dari kunjungan lapangan tersebut peneliti berkonsultasi dengan guru kelas V mengenai penggunaan peraga torso yang akan digunakan ...

Oleh : Sri Endarwati Guru SD Negeri 2 Pandanharum Kec. Ga
Vol : Volume 5 Nomor 2 Januari 2017
Dilihat : 723 Kali
Jumlah Halaman : 16



PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN SIKAP CINTA BUDAYA LOKAL SEMARANG


Abstrak:

Penelitian Tindakan Kelas ini dimaksudkan untuk menemukan model pembelajaran ARIAS berbasis Etnomatematika yang mampu meningkatkan sikap cinta budaya lokal Semarang. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Semarang dengan subyek 39 orang siswa kelas XI MIP...

Oleh : Dhidik Joko Purnomo SMA Negeri 1 Semarang Dhidik.u
Vol : Volume 5 Nomor 2 Januari 2017
Dilihat : 1246 Kali
Jumlah Halaman : 10