Volume 6 Nomor 1 Desember 2017....

ANTI GALAU DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION) SUATU MODEL PEMBELAJARAN BERKARAKTER KEBANGSAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SOSIALISASI KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PANINGGARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Luluk Wulandari SMA 1 Paninggaran

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mencari solusi untuk masalah dalam pembelajaran sosiologi di kelas. Peneliti menggunakan model pembelajaran contekstual learning tipe STAD dikombinasi dengan ANTI GALAU yang merupakan kependekan dari Aktif, Nasionalis, Teoritis, Inspiratif, Gotong-royong, Atraktif, Luhur, Agamis dan Ulet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitaif. Data nilai ulangan harian siswa dihitung sebagai landasan apakah metode yang diterapkan berhasil atau tidak dilihat dari peningkatan nilai siswa dalam beberapa siklus. Metode kualitatif digunakan dengan teknik wawancara untuk mengetahui seberapa minat siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar guru ketika menggunakan model pembelajaran ini. Setting penelitian ini dalah SMA 1 Paninggaran dengan subyek yaitu siswa kelas X. Materi sosiologi yang digunakan ketika penelitian ini berlangsung adalah kurikulum 2006. Kriteria Ketuntasan  Minimal siswa mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I dan siklus II . Hal tersebut ditandai dengan nilai rata rata prasiklus 58,68  meningkat pada siklus I dengan rata rata 71,06 dan meningkat menjadi 75,12 pada siklus II sehingga memenuhi KKM sebesar 70. Hasil analisis pengamatan diskusi menunjukkan bahwa target penelitian sudah tercapai. Untuk kemampuan bertanya 43%, kemampuan mengemukakan pendapat,  46% , keaktifan diskusi 59% , dan kerjasama siswa  dalam berdiskusi 46% dikategorikan baik (78 s.d. 90). Peneliti dapat memberi kesimpulan bahwa penggunaan Cooperative Learning apapun modelnya sangat bagus untuk membantu pemahaman dan peningkatan hasil belajar siswa. Penggunaan metode ceramah yang selama ini guru gunakan, tidak kondusif apalagi untuk materi ilmu sosial yang banyak analisis dan konsep pemahaman, guru mudah lelah dan siswa banyak yang mengantuk. 
 

Informasi: Kata kunci: STAD, ANTI GALAU, karakter kebangsaan, belajar
Total Halaman : 10 Halaman
Penulis : Luluk Wulandari SMA 1 Paninggaran




UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA BAHASA INDONESIA TENTANG MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARSARI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Abstrak:

Pada kesempatan ini, peneliti (guru) membahas tentang menulis karangan melalui gambar seri. Gambar seri digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memicu atau merangsang gagasan siswa untuk dituangkan dalan bentuk tulisan.  Selama ini ha...

Oleh : Teguh Basuki Guru SD Negeri 2 Banjarsari
Vol : Volume 4 Nomor 2 Nov 2015
Dilihat : 1770 Kali
Jumlah Halaman : 3


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KOMPETENSI SISTEMHUKUMDANPERADILAN NASIONAL MELALUIPENERAPANMETODEMIND MAPPING PADASISWAKELAS XB MAN 2 SEMARANG


Abstrak:

Rendahnya minat dan partisipasi aktif siswa kelas XB MAN 2 Semarang dirasakan kurang terhadap proses kegiatan belajar mengajar PKn yang berakibat perolehan nilai yang dicapai pada ulangan harian I terendah dari 7 kelas dengan hasil nilai rata-rata...

Oleh : Masrukhan MAN 2 Semarang Alkutari@gmail.com
Vol : Volume 4 Nomor 2 Nov 2015
Dilihat : 2286 Kali
Jumlah Halaman : 5



PERMAINAN KERETA LANGSIR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA UNTUK MENGUASAI KOSA KATA DALAM TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARANGLEWAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013


Abstrak:

Peran kosa kata dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat penting. Oleh karena itu, guru dituntut  mengembangkan kreativitas dalam menciptakan inovasi baru pada proses pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah me...

Oleh : Angkat Adi Cahyoko Adi.yoko@yahoo.com
Vol : Volume 4 Nomor 2 Nov 2015
Dilihat : 1760 Kali
Jumlah Halaman : 5


PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN METODE ROLE PLAYING BERBASIS MULTIMEDIA PADA KELAS X MIPA2 SMA NEGERI I KEDUNGWUNI SEMESTER SATU TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan keaktifan dan hasil belajar fisika melalui metode role playing berbasis multi media. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus 1 terdapat  ...

Oleh : Usrotun Marichah
Vol : Volume 3 Nomor 1 Juli 2013
Dilihat : 2393 Kali
Jumlah Halaman : 1