Volume 6 Nomor 1 Desember 2017....

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DAUR HIDUP HEWAN SECARA METAMORFOSIS MELALUI BERMAIN KARTU MODEL WEBBING PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SDN BONGKOK 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Ibnu Kamijo SD Negeri Bongkok01Kabupaten Tegal

Abstrak

Latar belakang masalah yang mendasari Penelitian ini adalah hasil belajar IPA Materi daur hidup hewan di sekitar dengan metamorfosis tidak memuaskan, dibuktikan hasil belajar siswa rata-rata 54 dan ketuntasan kelas 54%. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan proses pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa  kelas IV SD Negeri Bongkok 1 Semester 1 tahun pelajaran 2016-2017. Subjek Penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 50 siswa terdiri 22 putra dan 28 putri. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran daur hidup hewan di sekitar dengan metamorfosis mengalami peningkatan melalui bermain kartu model webbing. Proses pembelajaran siklus I  70% kategori kondusif  menjadi saat siklus II 92% 2 kategori sangat kondusif. Aktivitas siswa dari 4 indikator dari prasiklus 65% (kategori cukup aktif) menjadi siklus 1 sebesar 73,5% (kategori aktif) menjadi 84% pada Siklus 2 (kategori aktif), berarti ada peningkatan sebesar 10,5%. Hasil belajar pada kondisi awal hanya sebesarketuntasan kelas  52% sedangkan pada siklus 1 mencapai 64%  dan pada Siklus 2 meningkat menjadi 84% dengan rata-rata prasikus 54 meningkat menjadi 72pada siklus I dan meningkat menjadi 83 pada siklus II. 

Kata kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Bermain Kartu, Model Webbing. 

Informasi: ibnu.kamijo@gmail.com
Total Halaman : 9 Halaman
Penulis : Ibnu Kamijo SD Negeri Bongkok01Kabupaten Tegal




PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN RAGAM KRAMA DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYAJIKAN TEKS DIALOG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 WELERI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Abstrak:

Kurangnya keterampilan peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Weleri Kendal  tahun pelajaran 2014/2015 dalam materi ragam krama dapat diminimalkan dengan penggunaan media inovatif. Salah sata media tersebut yakni media Crossword Puzzle Game ....

Oleh : Romdonah
Vol : Volume 1 Nomor 1 November 2012
Dilihat : 1757 Kali
Jumlah Halaman : 1


PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERIALASOMBO 01WERU SUKOHARJOSEMESTER I TAHUN AJARAN 2014/2015


Abstrak:

Masalah yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Apakah pembelajaran kooperatif dengan model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD Negeri Alasombo ...

Oleh : Wijiyanto SD Negeri Alasombo 01 Weru Sukoharjo
Vol : Volume 4 Nomor 2 Nov 2015
Dilihat : 2502 Kali
Jumlah Halaman : 6


UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENEMUKAN POKOK PIKIRAN NASKAH BACAAN DENGAN TEKNIK MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS III / B SD N 1 KRADENAN UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN KRADENAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Abstrak:

Permasalahan pembelajaran yang muncul terutama di Kelas III/b SD Negeri 1 Kradenan   tempat peneliti  mengajar adalah rendahnya motivasi belajar yang berimplikasi pada rendahnya hasil belajar siswa baik secara individu maupun klasik...

Oleh : Indah Ridlaningsih
Vol : Volume 6 Nomor 1 Desember 2017
Dilihat : 13 Kali
Jumlah Halaman : 15



UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA BAHASA INDONESIA TENTANG MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARSARI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Abstrak:

Pada kesempatan ini, peneliti (guru) membahas tentang menulis karangan melalui gambar seri. Gambar seri digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memicu atau merangsang gagasan siswa untuk dituangkan dalan bentuk tulisan.  Selama ini ha...

Oleh : Teguh Basuki Guru SD Negeri 2 Banjarsari
Vol : Volume 4 Nomor 2 Nov 2015
Dilihat : 1583 Kali
Jumlah Halaman : 3