Volume 6 Nomor 2 November 2020....

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGURUTKAN BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA URKARBIL


Yayuk Prihidayanti

Abstrak

Matematika bagi peserta didik kelas awal Sekolah Dasar sangat berguna untuk mengembangkan proses berfikir mereka dari hal-hal yang sederhana sampai ke hal-hal yang rumit. Pelajaran Matematika dalam proses pembelajaran kurang menarik peserta didik karena tidak menggunakan media pembelajaran. Hasil belajar Matematika berdasarkan data peserta didik kelas II SDN Karangmanggis banyak yang belum tuntas dan karakter peserta didik juga belum menunjukkan perilaku sesuai harapan.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan hasil belajar, besarnya peningkatan hasil belajar dan perubahan perilaku peserta didik kelas II SDN Karangmanggis Kec. Boja Semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 setelah belajar mengurutkan bilangan menggunakan media Urkarbil.

Metodologi penelitian meliputi dua siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data menggunakan tes dan nontes. Alat untuk mengambil data berupa lembar observasi, catatan guru, dan dokumentasi foto. Teknik analisis datanya teknik kuantitatif dan teknik kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran Matematika pada materi mengurutkan bilangan melalui media urkarbil pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan ke arah yang kondusif, menyenangkan dan kompetitif. Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 67,29 ketuntasan 59%. Siklus II rata-rata nilai menjadi 82,35 ketuntasan 88%. Perilaku peserta didik dalam mengerjakan tugasnya menjadi bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas kelompok dan jujur dalam tugas individu.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Media Urkarbil

Informasi: SDN Karangmanggis Kabupaten Kendal
Total Halaman : 12 Halaman
Penulis : Yayuk Prihidayanti






UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PKN TENTANG NKRI MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANJARSARI 2016 / 2017


Abstrak:

Model NHT digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memicu atau merangsang gagasan siswa.  Selama ini hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sangat rendah dikarenakan guru belum melaksanakan metode ataupun media yang bervariasi seh...

Oleh : SUMADI, S.Pd., MM
Vol : Volume 6 Nomor 2 Desember 2017
Dilihat : 2179 Kali
Jumlah Halaman : 17