Berita LKBH : Pentingnya Guru Memahami Profesi dan Hukum

Posted by Admin on Berita
Berita LKBH : Pentingnya Guru Memahami Profesi dan Hukum

Banjarnegara, Derap Guru. Kemampuan guru melaksanakan tugas professional sebagai pendidik perlu juga dibekali pemahaman yang memadai tentang hukum. Banyaknya kasus pelanggaran hukum yang melibatkan guru mengindikasikan bahwa pemahaman mereka tentang hukum masih kurang. Demikian antara lain diungkapkan wakil Ketua PGRI Kab. Banjarnegara, Suwandi saat dihubungi Derap Guru perihal pelaksanaan Sosialisasi profesi dan perlindungan hukum yang diselenggarakan di gedung PGRI setempat, Rabu (12/11). Selanjutnya dijelaskan oleh Suwandi, bahwa pemahaman yang benar tentang profesi guru diharapkan dapat menghindarkan guru dari pelanggaran kode etik guru.

Kegiatan Sosialisasi tersebut dirangkai dengan pelantikan pengurus Dewan Pakar, DKGI, dan LKBH PGRI Kab. Banjarnegara yang dilakukan oleh Wakil Ketua PGRI Jateng, Drs. Adi Prasetyo, S.H, M.Pd. Pada kesempatan itu Adi mengungkapkan pentingnya alat kelengkapan organisasi sebagai bagian tak terpisahkan dari perjuangan PGRI untuk mewujudkan guru-guru yang professional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi guna terwujudnya pendidikan bermutu.

Sekretaris Bidang Advokasi, perlindungan profesi dan bantuan hokum PGRI Jawa Tengah, Sapto Budoyo selaku nara sumber pada kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa saat ini banyak guru yang terlibat persoalan hukum, baik sebagai pelaku maupun korban. Sapto yang juga Ketua Tim Pengacara LKBH PGRI itu mengaku banyak membela guru yang terpaksa menghadapi sidang di pengadilan yang sebagian besar kasusnya terjadi karena kelalaian dan ketidak tahuan mereka tentang hukum. Karena itu sosialisasi perlindungan profesi dan hukum merupakan upaya pencegahan agar guru terhindar dari persoalan hukum dan pelanggaran kode etik.

Kegiatan tersebut diikuti 100 orang peserta terdiri; pengurus cabang, Kepala SMP/SMA/SMK negeri dan swasta, serta Ka. UPTD se kabupaten Banjarnegara. (d4)