Lomba Lukis dan Pameran Lukisan Guru PGRI Kebumen

Posted by Admin on Berita
Lomba Lukis dan Pameran Lukisan Guru PGRI Kebumen

Dalam rangka memeriahkan HUT PGRI ke - 70, PGRI kabupaten Kebumen mengadakan berbagai lomba, yakni; untuk bidang seni, selain menyanyi tunggal juga diadakan Lomba Lukis Guru. Demikian diungkapkan wakil ketua PGRI Kab. Kebumen, Eko Sajarwo di kantornya, Rabu (18/11). Dijelaskan, Lomba Lukis guru sudah berjalan 4 kali. Menurutnya, lomba yang mengusung tema “ Kebudayaan dan Pendidikan Karakter” ini, biasanya juga dilaksanakan bersamaan dengan acara “ Car Free day” di Alun-alun Kebumen.

Hal ini dimaksudkan tidak saja menyemarakan kegiatan minggu pagi tersebut tetapi juga ingin menunjukkan bahwa guru tidak saja mampu mengajar secara profesional dikelas namun juga menunjukkan profesionalisme guru dalam berkarya, pengembangan potensi dirinya.

Didampingi Ketua PGRI Kab.Kebumen, Tukijan, Eko Sajarwo mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga sebagai langkah memperkenalkan PGRI ke masyarakat lewat karya seni. Tukijan menambahkan, bahwa tujuan utama kegiatan lomba adalah untuk memantik kreatifitas guru agar guru tidak hanya berkutat pada profesinya mengajar di dalam kelas dan membaca buku. Kegiatan itu juga sebagai pendorong timbulnya daya dobrak kebuntuan dalam pengembangan diri. “Guru harus selalu penuh energi kreatif agar siswanya terdorong untuk maju dan berprestasi”, tegas Tukijan.

Pameran

Hasil lomba lukis guru ini, dipamerkan di Gedung PGRI selama seminggu (16-21 Nopember 2015). Pameran ini juga bekerja sama dengan alumnus UNY 79, yang memboyong 50 an karya lukis.  Eko Sajarwo selaku ketua penyelnggara, menjelaskan maksud dari gabungan pamaren ini adalah untuk saling mengisi, dialog seni, dan pemantik kreatifitas guru-guru anggota PGRI, yang selama ini jauh dari proses dialog karya. Disamping itu pameran sebagai karya inovatif juga dapat menambah angka kredit untuk kenaikan pangkat.

Pamaran yang dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora Kebumen dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepala SMP/SMA/SMK wilayah kota kebumen, dan peserta lomba lukis ternyata mendapat sambutan luar biasa. Dari pagi hingga ditutup jam 18.00 sore, bergiliran siswa-siswa dan guru pembimbing serta masyarakat umum, datang dan menikmati pameran tersebut.

Pamaeran akan ditutup dengan dialog / sarasehan seni antara seniman alumnus UNY dengan peserta lomba, MGMP Seni, dan masyarakat. (d4/Es)