Pagelaran Wayang Kulit : Meriahkan Peresmian Logo Sengkalan

Posted by Admin on Berita
Pagelaran Wayang Kulit : Meriahkan Peresmian Logo Sengkalan

Semarang, Derap Guru. Pagelaran Wayang kulit dengan tiga dalang sekaligus, yaitu Ki Bambang Sulanjari dari UPGRIS, Ki Kristianto (Dinas Pariwisata) dan Ki Sayuti Anggoro (UNNES) memeriahkan pemasangan logo sengkalan.

Pagelaran Wayang kulit dengan lakon Sokalima: Padepokan Darah Bharata diselenggarakan di Balairung Universitas PGRI Semarang, Rabu (11/11) mulai pukul 19.00-01.00. Ketua YPLP PT PGRI Semarang, Sudharto menjelaskan bahwa Logo Sengkalan merupakan penanda berdirinya Universitas PGRI Semarang dan pembangunan Balairung yang selaras dengan visi misi Universitas.

Peresmian tersebut dimaksudkan sebagai upaya sosialisasi atas makna yang terkandung dalam kalimat sengkalan baik makna eksplisit maupun makna implisit.  “Pemahaman kedua makna ini diharapkan menjadi bagian dari komitmen total setiap individu yang mengabdi di kampus ini”, jelas Sudharto.

Sengkalan berisi semboyan “Manunggaling Pujangga Marganing Mulya” yang ditempatkan pada sisi kiri dan kanan pintu utama Gedung Pusat Lantai II, secara eksplisit menunjukan angka tahun 1981 yaitu berdirinya cikal bakal UPGRIS.

Sedangkan sengkalan “Cinatur Manunggal Angluhuraken Panembah” yang ditempatkan di sisi kiri bagian depan Balairung menunjukan angka 2014 tahun pembangunan balairung.

Acara tersebut juga menandai peresmian dimulainya sarasehan bulanan setiap hari kelahiran cikal bakal UPGRIS, yaitu kemis kliwon. “Sarasehan bulanan ini akan membahas topik-topik yang berkaitan  dengan nilai keutamaan manusia dan pembangunan karakter bangsa melalui renungan, evaluasi kajian untuk mendukung visi misi dan dharma keempat UPGRIS: The Meaning University”, tambah Sudharto.

Ketua PGRI Jateng yang juga Pembina YPLP PT PGRI Semarang, Widadi dalam sambutannya berharap Universitas PGRI semakin maju, semakin berkualitas bukan saja secara fisik tetapi juga dalam tata kelola dan kemajuan yang lain. Turut hadir dan juga memberikan sambutan Rektor Upgris, Dr. Muhdi, SH, M.Hum. (d4)