Guru Harus Melakukan Transformasi Kultur Belajar

Posted by Admin on Agenda
Guru Harus Melakukan Transformasi Kultur Belajar

Semarang, Derap Guru. Tuntutan profesi guru saat ini semakin tinggi. Selain dituntut bisa mengajar dengan baik, menjadi inspirator bagi para siswanya, dan menjadi teladan juga harus melakukan transformasi cultural belajar. Ilmu yang didapat di bangku kuliah harus terus dikembangkan untuk meningkatkan mutu profesi dan kompetensinya. Demikian antara lain diungkapkan Rektor Universitas PGRI Semarang, Dr. Muhdi, S.H, M.Hum dalam sambutan Wisuda ke-54 di Balairung Universitas PGRI Semarang, Jumat (18/12).

Sebelumnya Wakil Rektor bidang Akademik Universitas PGRI Semarang, Dra. Hj. Sri Suciati, M,Hum melaporkan bahwa jumlah wisudawan pada acara wisuda ke-54 Universitas PGRI Semarang sebanyak 1.233 lulusan terdiri dari 445 orang wisudawan pria dan 788 orang wisudawan wanita. Para wisudawan merupakan lulusan dari program pasca sarjana S2 (61 orang) dan program sarjana S1 (1.172 orang) berasal dari 4 fakultas dan 10 program studi. Acara wisuda dilakukan dua sesi yakni Jumat, 18 Desember dan Sabtu, 19 Desember 2015.

Predikat kelulusan dari sejumlah wisudawan tersebut adalah; culaude/dengan pujian 93 orang, sangat memuaskan 1.113 orang, dan memuaskan 27 orang. Predikat lulusan terbaik disandang oleh Jihan Widyawati Sifa, S.Pd dari program studi Bimbingan dan Konseling dengan IP 3,95 disusul berikutnya Welas, S.Pd dari prodi PBSI (IP 3,90), dan Asmawati, M.Pd (IP 3.85).

Sementara itu Koordinator Kopertis VI, Prof. Dr. DYP Sugiarto dalam sambutannya mengungkapkan ada dua pilihan bagi para wisudawan, yakni menjadi driver (pengemudi) atau menjadi penumpang. Menjadi penumpang lebih mudah, begitu naik bisa tidur dan tidak banyak beban tetapi sulit berkembang. Sementara jika memilih menjadi driver akan lebih terbuka karier dan banyak peluang. Ada 4 ciri bagi seorang driver, yakni; punya inisiatif, menjadi navigasi, merawat, dan bertangung jawab.

Turut hadir dan memberikan sambutan pada acara tersebut, Ketua YPLP PT PGRI Semarang, Dr. H. Sudharto, M.A dan Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah, H. Widadi, S.H. (d4)