Pelatihan Kepemimpinan ( Latpim ) Pengurus Cabang PGRI Sapuran

Posted by Admin on Berita
Pelatihan Kepemimpinan ( Latpim ) Pengurus Cabang PGRI Sapuran

Dalam rangka peningkatan kualitas SDM, Pengurus Ranting PGRI se-cabang Sapuran Kabupaten Wonosobo telah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan ( Latpim ) yang diseenggarakan oleh Pengurus Cabang PGRI Sapuran pada hari Selasa, 26 Januari 2016, bertempat di aula SD Negeri 1 Sapuran. Kegiatan ini merupakan aplikasi Program kerja Pengurus Kabupaten PGRI Wonosobo masa bakti XXI, yang mewajibkan seluruh Pengurus Cabang dan Ranting mengikuti pelatihan kepemimpinan sebelum melaksanakan tugas pengabdiannya sebagai pengurus PGRI. Beberapa waktu sebelumnya, para pengurus cabang telah mengikuti kegiatan yang sama di tingkat Kabupaten Wonosobo.

Acara pelatihan yang dibuka oleh Camat Sapuran Mukhamad Nadjib, S,Kom, dihadiri juga oleh Ketua PGRI Kabupaten Wonosobo H. Mustangin, S.Pd.M.Si, kepala UPT Dinas Dikbudpora Kecamatan Sapuran Tofik Arif Prabowo, S.Pd, Pengawas TK, Pengawas Sekolah, dan penilik PNF di lingkungan UPT Dinas Dikbudpora Kecamatan Sapuran. Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipimpin oleh Suci Susilowati, S.Pd. M.Pd, dilanjutkan Mars PGRI,

Ketua Panitia, Wates Lestari, S.Pd. M, M.Pd. dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan diikuti 64 orang yang berasal dari 8 Ranting se-Cabang Sapuran. Diungkapkan, bahwa Materi pelatihan meliputi: Kebijakan dan Program kerja PGRI Kabupaten Wonosobo, Sejarah Perjuangan dan Kode Etik Guru, Pemahaman tentang AD/ART PGRI, Keuangan Organisasi, Strategi Informasi dan Komunikasi PGRI, Membangun Tim yang Solid, dan Menyusun Rencana Tindak Lanjut.

Camat Sapuran, Mukhamad Nadjib, S,Kom, saat membuka acara tersebut menyampaikan apresiasi positif atas penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan yang dinilainya sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan soliditas dan sinergitas sebuah organisasi. Melalui pelatihan ini diharapkan akan tercipta kesamaan pandang dalam mengelola PGRI. Pada kesempatan itu Nadjib juga menyampaikan terima kasih kepada segenap pengurus dan anggota PGRI Cabang Sapuran atas kerjasamanya dalam mengelola Pemerintahan khususnya pada sektor pendidikan di Kecamatan Sapuran sehingga proses pendidikan dapat berjalan lancar.

Ketua PGRI Kabupaten Wonosobo H.Mustangin, S.Pd.M.Si. saat menyampaikan materi  tentang kebijakan dan Program kerja PGRI Kabupaten Wonosobo dalam acara tersebut mengungkapkan pentingnya menjaga soliditas, solidaritas, dan kesetiaan anggota terhadap PGRI. Ditegaskan oleh Mustangin, bahwa PGRI adalah satu-satunya organisasi profesi yang tepat untuk guru. Ia juga menjelaskan sikap PGRI terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi seperti penyelesaian K2, rekrutmen anggota baru dan isu-isu aktual tentang dinamika PGRI. Para peserta nampak antusias menyimak paparan yang disampaikan Ketua PGRI kabupaten tersebut.

Materi selanjutnya tentang sejarah perjuangan PGRI disampaikan oleh Sumoyo, S.Pd, Ketua Cabang PGRI Kecamatan Sapuran.  Pemahaman tentang AD/ART disampaikan oleh Wakil Sekretaris Sopandi, S.Pd. Keuangan PGRI disampaikan Oleh Isyanto, S.Pd., Bendahara Cabang PGRI Kecamatan Sapuran, Dimas Ari Pamungkas, S.Pd.SD menyampaikan tentang Strategi Informasi dan Komunikasi, sedangkan materi untuk membangun Tim yang Kuat dan menyusun Rencana Tindak lanjut ( RTL ) disampaiakan oleh Untung Setiono, S.Pd. Kegiatan yang berlangsung dari Pukul 08.00 sampai pukul 16.00 ini berlangsung lancar, tertib dan sesuai program. Konsistensi peserta mengikuti acara cukup tinggi dengan ditandai tidak adanya peserta yang ijin dari awal sampai akhir kegiatan.

Format kegiatan menggunakan metoda partsipasif andragogi yang memungkinkan peran aktif peserta, melalui diskusi, presentasi, komentar dan kesimpulan serta dituangkan dengan program tindak lanjut.

Hidup Guru.. Hidup  PGRI…solidaritas yes  !

Isyanto, S.Pd. Bendahara Cabang PGRI kecamatan Sapuran