4 Pilar Kebangsaan Di Pgri Kabupaten Jepara

Posted by Admin on Pengumuman
4 Pilar Kebangsaan Di Pgri Kabupaten Jepara

Negara Indonesia adalah negara yang besar, sejak awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, Para pendiri Negara menyadari bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk karena terdiri atas berbagai suku, bangsa, adat istiadat, budaya, bahasa daerah, serta agama yang berbeda-beda. Dengan keaneka ragaman tersebut, mengharuskan setiap langkah dan kebijakan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diarahkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Mejelis Permusyawaratan Rakyat, sesuai dengan tugas yang diamanatkan oleh undang-undang Nomor 27 Tahun 2009 dan berdasar MoU (Memorandum of Understanding) bersama Pengurus Besar PGRI , dimana tindak lanjut dari hal tersebut Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jepara dan sekretariat MPRRI menggelar sosialisasi 4 pilar, yang terdiri atas Pancasila, UUD 1945, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi ini berlangsung di pendopo Kabupaten Jepara, pada Sabtu 6 September 2014.

Acara ini diikuti sekitar 300 peserta terdiri dari Pengurus Kabupaten, Pengurus cabang, dan pengurus ranting, Kepala UPT. Dinas Dikpora kecamatan se-Kabupaten Jepara, Tamu undangan dari Polres dan Kodim Jepara serta dari unsur Gabungan Organisasi Perempuan, muslimat NU, Fatayat, Aisyiah dan Nasyiatul aisyiah dikabupaten Jepara. Dengan narasumber dari Tim Sosialisai MPRRI yang diketua oleh Dr. Ir. Mohammad Jafar Hafsah dari fraksi Parti demokrat MPRRI yang juga anggota komisi IV DPRRI bersama Anggota H.M. Busro Anggota MPR RI dari Fraksi partai Golkar anggota Komisi VIII DPRRI, H. Hermanto, S.E.,M.M Anggota MPRRI dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera Anggota Komisi IV DPRRI dan Ir. Abraham Paul Liyanto Anggota MPRRI dari Pimpinan kelompok DPD di MPRRI. Dan dihadiri pula wakil Bupati Jepara Dr. H. Subroto, SE. M.M

Ketua penyelenggara sekaligus Ketua PGRI Kabupaten Jepara Drs. Kiswadi HP, MM. menyampaikan bahwa guru akan mendapatkan wawasan yang lebih tentang Makna Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sehingga dapat teruskan kepada anak didik di sekolah masing-masing.sehingga output dari hasil tujuan kegiatan sosialiasi ini dapat tercapai.

Sementara itu ketua Delegasi Dr. Ir. Mohammad Jafar Hafsah mengungkap bahwa untuk selalu mengingat hasil perjuangan dari para pendahulu dan mengamalkan makna yang terkadung dalam nalai  nilai luhur pancasila dan undang-undang Dasar 1945 dalam kehidupan sehari-hari, Mohammad jafar hafsah menambahkan sekarang ini mulai luntur budaya toleransi dalam bermasyarakat dan bernegara, maka diperlukannya selalu sosialisasi 4 pilar ini dan menjaga nilai tersebut didalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,

Bhinneka Tunggal Ika yang dapat diartikan walaupun bangsa Indonesia mempunyai latar belakang suku, agama, ras, bahasa, dan budaya yang berbeda-beda, tetapi tetap satu bagian bangsa indonesia.

Sosialisasi nilai-nilai Empat Pilar adalah mengingatkan dan menyegarkan kembali komitmen seluruh komponen bangsa dan bernegara selalu menjunjung tinggi nilai  nilai luhur bangsa dalam rangka mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.