Kurikulum 2013 Edisi Revisi (PSP)

Posted by Admin on Konten
Kurikulum 2013 Edisi Revisi (PSP)

Tema ini dipilih untuk diskusikan dengan satu tujuan yang sangat simpatik yaitu kebaikan. Yaitu untuk berkomunikasi, berdiskusi, bertukar pikiran yang obyektif, intelektual dan ilmiah, serta saling menghormati. Silahkan berbagi ide, pemikiran dan pengalaman dengan harapan semoga bermanfaat untuk menambah wawasan tentang (1) bagaimana seharusnya peran pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam mewujudkan pelayanan kepada Warga Negara untuk memenuhi haknya dalam mengakses pendidikan dan (2) bagaimana seharusnya peran organisasi profesi guru membantu Warga Negara untuk mengakses pendidikan. UU No 20 tahun 2003 Bab X tentang Kurikulum Pasal 36 berbunyi (1)  Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Ini berarti kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan harus dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.

Berikut ini beberapa catatan pelatihan Kurikulum 2013 edisi revisi bagi guru.

  1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap Kurikulum 2013 edisi Revisi yang berlaku secara Nasional.
  2. Penilaian sikap KI 1 & KI 2 (Kompetensi Inti) sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP.
  3. Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD , maka yg diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai keterampilan dalam 1 Kompetensi Dasar (KD)  ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
  4. Pendekatan scientific yang dicirikan dengan 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
  5. Silabus Kurikulum 2013 edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.
  6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, UAS menjadi penilaian akhir semester untuk semester 1 dan penilaian akhir tahun untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi uts, langsung ke penilaian akhir semester.
  7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
  8. Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
  9. Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.

Kelengkapan perangkat mengajar berdasarkan Kurikulum 2013 edisi Revisi yang seharusnya dimiliki guru adalah BUKU KERJA GURU yang terdiri dari

  1. BUKU KERJA 1 (meliputi  1. SKL, KI, dan KD; 2. Silabus; 3. RPP; dan 4. KKM)
  2. BUKU KERJA 2 (mencakup 1.  Kode Etik Guru; 2. Ikrar Guru; 3.  Tata Tertib Guru 4. Pembiasaan Guru; 5. Kalender Pendidikan; 6. Alokasi Waktu; 7. Program Tahunan; 8. Program Semester; dan 9. Jurnal Agenda Guru)
  3. BUKU KERJA 3 (meliputi 1. Daftar Hadir; 2. Daftar Nilai; 3. Penilaian Akhlak/Kepribadian 4. Analisis Hasil Ulangan; 5. Program pembelajaran Perbaikan & Pengayaan; 6. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa; 7. Jadwal Mengajar; 8. Daya Serap Siswa; 9. Kumpulan Kisi soal; 10. Kumpulan Soal; 11. Analisis Butir Soal dan 12. Perbaikan Soal)
  4. BUKU KERJA 4 (mencakup 1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru; 2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru).

Uraian diatas menuntun kita pada sebuah kesimpulan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Wallahu a'lam bishshawab.