PGRI Melindungi Guru

Posted by Admin on Pengumuman
PGRI Melindungi Guru

Surakarta. Semakin kuatnya tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan semakin menyadarkan para guru untuk bisa mewujudkannya. Untuk itu PGRI sebagai organisasi profesi guru terus berupaya meningkatkan peran dan fungsinya membantu para guru meningkatkan mutu profesi, memperjuangkan kesejahteraan dan memberikan perlindungan. Demikian diungkapkan Ketua PGRI Kota Surakarta, Drs. Sugiyaryo, M.Pd pada kegiatan sosialisasi DKGI dan LKBH PGRI, Kerja sama antara PGRI dengan Dinas Pendidikan Kota Surakarta di berbagai tempat, tanggal 15 – 24 Mei 2017.

Menurut Sugiyaryo, pendidikan bermutu hanya bisa diwujudkan jika gurunya professional, sejahtera, terlindungi dan bermartabat. Perjuangan PGRI meningkakan kesejahteraan guru telah banyak dilakukan dan banyak guru telah merasakan hasil perjuangan PGRI melalui tunjangan profesi dan penghasilan lainya. Kini saatnya para guru bekerja lebih fokus pada peningkatan mutu profesi. Untuk itu para guru perlu memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik serta menjalankannya sesuai kode etik profesi guru. Sesuai amanat UU Guru dan Dosen, PGRI telah memiliki alat kelengkapan organisasi bernama Dewan Kehormatan Guru Indonesia (DKGI) dan LKBH PGRI. DKGI berfungsi untuk menjaga dan menegakan kode etik guru, sedangkan LKBH PGRI bekerja untuk memberikan advokasi dan perlindungan kepada guru.

Kegiatan yang diikuti para itu secara berturut-turut diselenggarakan di Aula SMPN 1 (15/05), di SMPN 2 dan SMPN 7 (16/05), di SMPN 4 (17/05), di SMPN 6 (18/05), di SMPN 8 (22/05), di SMPN 9 (23/05), dan di SMPN 15 (24/05). Kegiatan tersebut dalam rangka Bulan Pendidikan Tahun 2017.(Pur)