Bupati Karanganyar : Guru, Pengukir Karakter Bangsa

Posted by Admin on Berita
Bupati Karanganyar : Guru, Pengukir Karakter Bangsa

Karanganyar, Derap Guru. Upaya mewujudkan pendidikan bermutu tak mungkin bisa dilepaskan dengan upaya menjadikan guru-guru yang profesional. Demikian diungkapkan Bupati Karanganyar, Yuliatmono saat memberikan sambutan pada Konferensi Kerja Kabupaten PGRI Karanganyar Tahun Kedua MB XXI bertempat di Pendopo Bupati, Sabtu (08/04). Bupati penerima penghargaan Dwija Praja Nugraha dari PB PGRI itu mengungkapkan, bahwa guru adalah profesi mulia dan pengukir karakter bangsa. Sebagai penghormatan kepada para guru, ia telah mengangkat tema besar “Guruku Idolaku” dan mendapat sambutan masyarakat. “kini banyak guru menjadi idola siswa dan masyarakat,’ tegasnya.

Bupati juga memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja para guru diwilayahnya dan meminta semua pihak untuk tidak mempersulit guru. “Tunjangan profesi dan kenaikan pangkat harus dibuat lancar, jangan terlalu dibebani dengan tugas-tugas administrasi. Guru adalah profesi yang mulia, agen perubahan, dan garda terdepan untuk mengawal karakter bangsa,” tegas bupati.

Menurut bupati pendidikan yang baik akan menjadikan anak-anak Indonesia berkarakter dengan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial serta kreatif dan inofatif untuk membangun kemajuan masyarakat, bangsa dan Negara.

Kekurangan Guru

Kepada Ketua Umum PB PGRI yang hadir pada kesempatan itu, Bupati meminta agar diperjuangkan adanya pengangkatan guru karena di Kabupaten Karanganyar masih kekurangan 900 guru. Kekurangan tersebut selama ini diisi oleh guru-guru honor yang kesejahteraannya belum memadai.

Sebelumnya, Ketua Kabupaten PGRI Karanganyar, Aris Munandar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Karanganyar, Ketua Umum PB PGRI, dan ketua Provinsi PGRI Jawa Tengah atas kehadirannya pada Konferensi Kerja Kabupaten PGRI Karanganyar. Hadir pula dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karanganyar, Drs. Tarsa, M.Pd. (pur)