PGRI Apresiasi Kebijakan Bupati Purbalingga

Posted by Admin on Berita
PGRI Apresiasi Kebijakan Bupati Purbalingga

Purbalingga, Derap Guru.  Semangat PGRI untuk memperbaiki mutu pendidikan terus dilakukan. Salah satu yang dilakukan adalah meningkatkan mutu profesi guru, memperjuangkan kesejahteraan dan memberikan perlindungan kepada para guru.  Lahirnya UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen adalah bukti nyata perjuangan PGRI untuk kepentingan guru dan pendidikan.  Kini telah banyak guru yang menikmati hasil perjuangan PGRI, namun PGRI tak pernah berhenti berjuang karena banyak guru yang masih harus diperjuangkan hak-haknya.  Demikian diungkapkan Ketua Umum PB PGRI dr Unifah Rosyidi M.Pd saat menggembleng guru-guru dalam acara Konkerkab PGRI Purbalingga tahun keempat MB XXI di Aula PGRI setempat, Kamis (29/03).

Kekurangan Guru

Diungkapkan Unifah, salah satu problem pendidikan saat ini adalah kekurangan guru diberbagai sekolah karena banyak guru yang pensiun dan sudah cukup lama tidak ada pengangkatan guru. “Kekurangan guru saat ini hampir satu juta, dan kekurangan itu diisi para guru honorer (GTT) yang kini terus kita perjuangkan nasibnya”, jelas Unifah.

Terkait dengan itu Unifah memberikan apresiasi yang tinggi kepada bupati Purbalingga yang berani mengambil langkah nyata menerbitkan SK untuk memperbaiki nasib para GTT.

 “Saya salut dengan Bupati Purbalingga, yang mengambil kebijakan berani, dengan mendasarkan pada UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2017. Jika terjadi kekurangan guru, Pemerintah Kabupaten/kota dapat mengangkat guru dengan SK Bupati,”  ujar Unifah Rosyidi.

Sebelumnya, Asisten Administrasi Umum Pemkab mewakili Bupati Purbalingga menyampaikan bahwa bupati baru saja mengangkat 1.644 Guru Tidak Tetap (GTT)  dengan SK Bupati, yang pembayaran gajinya dibebankan kepada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun dana Biaya Operasional Sekolah  (BOS). Dari 1.644 GTT itu, terinci 13 guru Taman Kanak-kanak (TK), 1.199 guru SD dan 432 guru SMP. (pur)