PGRI Jateng: Seharusnya Guru Belajar Seumur Hidupnya

Posted by Admin on Berita
PGRI Jateng: Seharusnya Guru Belajar Seumur Hidupnya

Guru di Jawa Tengah harus mampu menulis. Bukan dalam rangka untuk memperoleh angka kredit kenaikan pangkat atau dalam rangka lulus sertifikasi semata, tetapi guru harus sungguh-sungguh untuk peningkatan profesionalitasnya. 

Ketua Pengurus Provinsi PGRI Jateng, Widadi menjelaskan untuk meningkatkan keprofesionalitasan guru harus menulis untuk mengembangkan ilmunya.

"Nah kalau guru ilmunya ketinggalan maka dalam mendidik juga tidak berkualitas. Untuk bisa menulis satu buku, seseorang guru harus membaca banyak buku. Artinya dengan menulis guru juga akan banyak belajar, sudah seharusnya seorang guru belajar seumur hidupnya," terang Widadi ketika membuka ToT Guru Menulis Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Semarang. 

ToT atau training of trainers untuk mendapat pelatihan menulis buku tersebut digelar mulai Sabtu (7/7/2018) dan diikuti sebanyak 105 guru dari seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Baca juga "PGRI Selenggarakan Workshop Guru Menulis"

“Ada tiga perwakilan dari tiap kabupaten dan kota. Mereka ini sudah pernah menulis buku dan akan menjadi trainer di kabupaten atau kotanya masing-masing. Buku-buku yang diterbitkan nanti akan ber-ISBN ((International Standard Book Number) Indonesia. Ini juga menjadi media publikasi ilmiah dan karya inovatif yang sangat bermanfaat bagi guru,”pungkasnya.

Nantinya, sekembalinya ke kabupaten/kota masing-masing, mereka diharapkan menjadi penggerak bagi guru yang lain.