PGRI Purworejo Terus Benahi Mutu Profesi Guru

Posted by Admin on Berita
PGRI Purworejo Terus Benahi Mutu Profesi Guru

Purworejo Derap Guru. Guna membekali kemampuan guru menulis, PGRI Kabupaten Purworejo melalui kerja sama dengan APKS PGRI Kabupaten Purworejo dan Harian Jateng Pos mengadakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa. Kegiatan diselenggarakan di gedung PGRI Kabupaten Purworejo, Minggu (29/07) dan diikuti 105 guru TK, SD, SMP dan SMA/SMK Kab. Purworejo dengan Narasumber dari Jateng Pos, Tukijo, S.Pd. Demikian diungkapkan Sekretraris PGRI Kabupaten Purworejo, Damana, M.Pd di sela acara tersebut.

Selanjutnya Ketua PGRI Kabupaten Purworejo, Drs. Urip Raharjo, M.Pd dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada Pengurus APKS PGRI yang telah berupaya mewujudkan fungsi PGRI sebagai organisasi profesi guru melalui pelatihan guru menulis. Kegiatan ini menurut Urip juga untuk menjawab kritik tentang rendahnya kompetensi guru yang selama ini telah mendapatkan anggaran cukup besar dari pemerintah.

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Purworejo, Dr. Akhmad Kasinu, M.Pd., pada kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada PGRI Kabupaten Purworejo atas usahanya meningkatkan kompetensi guru. Berbagai permasalahan di sekolah menurut Akhmad Kasinu bisa dijadikan ide sebagai bahan tulisan.

“Pengembangan profesi ini merupakan amanat Permenpan nomor 16 tahun 2009, karena itu dalam menulis jangan ada rasa kuatir, guru harus percaya diri”, tegasnya. Akhmad Kasinu juga mengingatkan para guru untuk mensyukuri peran yang dijalani dan senantiasa bekerja dengan ikhlas serta memberikan pelayanan terbaik bagi para peserta didik.

Evi Juniastuti, guru SDN Megulunglor, Pituruh mengakui pelatihan tersebut sangat luar biasa membantu para guru tentang bagaimana menulis yang baik. Yang tadinya belum tahu menjadi tahu dan yang sebelumnya takut menulis jadi ingin menulis. Evi mengaku memperoleh banyak ilmu tentang tata cara menulis. Kini Evi mengetahui bahwa menulis itu bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja yang punya kemauan.

Tarmiyah Temu,  S. Pd., M. Pd. Kepala SMPN 18 Purworejo juga menilai pelatihan menulis yang diselenggarakan PGRI Kabupaten Purworejo sebagai kegiatan yang positif dan sangat bermanfaat bagi guru. Melalui kegiatan tersebut, guru dapat berkarya sekaligus mendapatkan nilai untuk angka kredit kenaikan pangkat. Selanjutnya guru juga dapat mengekspresikan pendapatnya melalui tulisan yang sekaligus dipublikasikan. Tarmiyah berharap kegiatan seperti itu dilakukan secara kontinyu agar aspirasi guru dapat terfasilitasi, terutama hal-hal yang saat ini menjadi trend dan terjadi di sekolah. (pur)