Ragam Kegiatan HUT ke-73 PGRI dan HGN 2018 PGRI Jawa Tengah

Posted by Admin on Agenda
Ragam Kegiatan HUT ke-73 PGRI dan HGN 2018 PGRI Jawa Tengah

Puncak Acara HUT ke-73 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018 tingkat Nasional akan digelar di Bogor Jawa Barat, Sabtu (01/12) dengan acara Resepsi yang rencananya dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo beserta sejumlah menteri terkait disamping para guru yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Sedangkan untuk tingkat Provinsi Jawa Tengah puncak acara HUT ke-73 PGRI dan HGN 2018 berupa Resepsi akan diselenggarakan di Balairung Universitas PGRI Semarang, Sabtu (08/12). Demikian diungkapkan Sekretaris Umum PGRI Jawa Tengah, Dr. Muhdi, S.H, M.Hum di Sekretariat PGRI Jateng, Jumat (09/11).

Dijelaskan oleh Muhdi bahwa sebelum puncak acara HUT ke-73 PGRI dan HGN 2018 tersebut, PGRI Provinsi Jawa Tengah telah menggelar berbagai acara, diantaranya adalah; FGD Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Perlindungan Guru dan Dosen di Hotel Grand Candi Semarang, Kamis (20/09). Terkait dengan kegiatan ini dilanjutkan dengan Seminar Perlindungan Guru dan Dosen di Hotel Santika Semarang, Rabu (26/12) dengan nara sumber Dirjen GTK dan Ketua umum PB PGRI. Kegiatan ini diikuti + 300 orang guru dan dosen. Kegiatan ini diselenggarakan PGRI Jawa Tengah bekerja sama dengan Universitas Diponegoro Semarang dan UPGRIS dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh Universitas Diponegoro Semarang. Untuk itu Muhdi selaku Sekum PGRI Jateng memberikan apresiasi yang tinggi kepada Rektor Universitas Diponegoro Semarang dan Upgris yang telah menunjukkan perhatiannya kepada PGRI untuk kepentingan para guru dan dosen.

Porseni, Inobel dan Karya Ilmiah

Kegiatan lain yang juga dilakukan PGRI Jawa Tengah adalah Porseni, meski secara nasional tidak diselenggarakan. Hal ini dimaksudkan sebagai ajang silaturahim para guru dan upaya mencari bibit-bibit atlet terbaik Tingkat Jawa Tengah. Porseni tingkat Jawa Tengah ini akan diselenggarakan hari Sabtu, 17 November 2018 di Universitas PGRI Semarang. Selanjutnya dalam upaya mendorong meningkatnya mutu profesionalisme guru juga telah dilakukan lomba Inobel dan penulisan karya ilmiah guru. Kegiatan ini telah dilakukan dengan baik melalui peran APKS PGRI baik di tingkat Provinsi maupun APKS PGRI Kabupaten/kota.

Hasil Seleksi

Koordinator lomba Inobel Dan Karya Ilmiah Guru, Dr. Listyaning Sumardiyani, M. Hum menjelaskan bahwa peserta lomba yang diundang sebagai finalis seleksi Inobel ada 12 orang dari jumlah peserta 107 orang. Melalui seleksi yang dilakukan dewan juri yang terdiri dari Dr. Titi Priyatiningsih, M.Pd, Dr. Ngurah Ayu Nyoman Murniati, M.Pd, dan Arif Ediyanto, M.Pd ditetapkan juara untuk masing-masing tingkat (SD/SMP/SMA/SMK) sebagai berikut; Tingkat SD/MI Juara 1, Maya Elena Margaretha, S.E, (SD Kristen 2 YSKI Semarang), juara 2, Riska Septian, S.Pd.( SDN 2 Kedungombo, Baturetno, Wonogiri), juara 3, Hendrik Hermawan, S.Pd. SD, M.Pd. (SDN 1 Wirosari Grobogan ), juara harapan, Choirul Azizah, S.PD., M.MPd. (SDN Negeri 3 Pendowo Kranggan Temanggung).

Untuk tingkat SMP/MTs Juara 1 Mahmud Safe’i, S.Pd.,M.Pd. (SMP Negeri 1 Kawunganten, Cilacap), juara 2, Wahyudi, S.Pd. I. (SMPN 2 Mandiraja, Banjarnegara), juara 3, Wulan Dwi Aryani, M.Pd. (SMP Negeri 1 Kandeman Batang), juara harapan, Eka Wahyuningsih, S.Pd. (SMP Negeri 3 Pamotan Rembang).

Untuk tingkat SMA/SMK/MA/MAK Juara 1 Maya Harsasi, S.Pd. (SMK Negeri 1 Tengaran, Kab. Semarang), juara 2 Amin Nurita Fajar Astuti, S.T., M.Pd. (SMK N 2 Wonosobo), juara 3 Prayitno, S.Pd. (SMKN 1 Wonosegoro, Boyolali).   

Lomba Menulis

Selanjutnya untuk lomba menulis cerita dan artikel yang diikuti 192 peserta juga telah ditetapkan juaranya, yakni; a. Kategori Cerita Anak, juara 1 Wahyu Ratnawati, SPd., M.Pd. (SDN Cemara Dua No 13 Surakarta), juara 2 Ihda Fatihatur  Rahmawati, S.Si.( SD Islam Al Azhar 16 Cilacap), juara 3 Titi Indriyani, S.Pd (SLB Negeri Mandiraja Banjarnegara), juara harapan Retno Winarni, M.Pd. (SMAN Kerjo Sumberejo Karanganyar). b. Katagori cerita remaja, juara 1 Nuraini, S.Pd.( SD Al Islam 3 Gebang Surakarta), juara 2 Novian Fitri Nurani, S.Pd.(SMPN 2 Bantarkawung Brebes), juara 3 Dra. Puji Handayani, M.Pd. (SMAN 1 Muntila), juara harapan Yayuk Budiati, S.Pd (SMAN Mojogedang Karanganyar). Selanjutnya untuk Katagori penulisan artikel, juara 1 Senirah, S.Pd., M.M. (SMAN1 Boja Kendal), juara 2 Charis Rachmawati, S.S (SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang), juara 3 Budi Wahyuningsih, S.Pd. (SMKN 2 Temanggung), dan juara harapan Dra. Rini Sulistyawati, M.Si (SMAN 2 Klaten). Dewan juri untuk lomba menulis terdiri; 1) Dr. Harjito, M.Hum, 2) Drs. Jumanto, M.Pd, 3) Drs. Budi Wahyono, M.Si.

Terkait dengan kegiatan Inobel dan Karya ilmiah ini, Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum mengungkapkan beberapa hal; 1) Juara I akan diikutsertakan dalam Festival Inovasi Pembelajaran PGRI Tahun 2018 Tingkat Nasional, 2) Piala, piagam penghargaan, serta hadiah uang pembinaan untuk Juara I, II, III dan Juara Harapan Inovasi Pembelajaran akan diserahkan pada acara Resepsi Peringatan HUT Ke-73 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 8 Desember 2018 di Balairung Universitas PGRI Semarang, 3) Panitia  tidak menyediakan transport dan akomodasi bagi pemenang, 4) Karya pemenang sepenuhnya  menjadi hak panitia, 5) Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

 Guru Honor

Terkait dengan kekurangan guru PNS dan persoalan guru honorer, Muhdi juga menegaskan bahwa PGRI terus mendorong dilakukannya perubahan terhadap UU ASN dan berupaya membantu para guru honorer untuk bisa diangkat menjadi CPNS. Sedangkan untuk guru honorer yang usianya sudah 35 tahun keatas PGRI berupaya memperjuangkan opsi agar bisa diterima sebagai pegawai dengan status P3K. Untuk itu kemitraan dengan pemerintah terus kita kawal agar komitmen pemerintah untuk memenuhi kekurangan guru PNS secara bertahap dalam waktu 5 tahun yang telah dinyatakan oleh presiden benar-benar bisa diwujudkan. Terkait dengan itu, pemerintah  saat ini telah mulai melakukan rekrutmen 100 ribu guru untuk memenuhi kekurangan guru PNS sehingga kita harapkan selambat-lambatnya tahun 2023, kekurangan itu sudah terpenuhi.

Ziarah

Selain melakukan ziarah ke makam tokoh PGRI yang lain, dalam rangka mengenang 1000 hari  meninggalnya almarhum Dr. Sulistiyo akan dilakuakan haul bersama di makam beliau di Banjarnegara tanggal 22 Desember 2018, dan rencananya juga dihadiri Ketua Umum PB PGRI. (pur)