Guru Mendampingi Generasi Milenial

Posted by Admin on Berita
Guru Mendampingi Generasi Milenial

Purworejo, Derap Guru. Sebanyak 274 guru mengikuti seminar nasional pendidikan dengan tema “Peran dan tugas guru dalam mendampingi generasi milenial”. Kegiatan seminar yang diselenggarakan di gedung PGRI kabupaten Purworejo tersebut menghadirkan nara sumber pakar pendidikan dari perguruan tinggi  ternama. Para nara sumber tersebut adalah Prof. Dr. Musa Asy’ari dosen senior pascasarjana S3 PAI UMS dan Ernawati, S.Psi., M.Psi dosen IAIN Surakarta.

Menurut Ketua PGRI Cabsus Drs. Ayub Heri Santoso, M.Pd yang didampingi sekretaris Dra. Hj. Tri Sulati Indri Mulyani, M.Psi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pelaksanaan program kerja unggulan sekaligus memperingati hari guru nasional, HUT PGRI yang ke-73 serta memperingati HAB Kemenag ke-77 tahun 2018.

Dalam paparannya Musa Asy’arie mengatakan bahwa “Guru bukan orang hebat, tapi semua orang hebat melalui tangan-tangan guru”. Melalui seminar ini harapannya guru dapat meningkatkan profesionalisme dalam pengembangan diri tandasnya.

Pendidikan multikulturalisme.

Lebih lanjut nara sumber mengatakan bahwa pendidikan harus mampu menghargai perbedaan dan keanekaragaman anak didik yang pada akhirnya akan menentukan kedamaian masa depan bangsa. Generasi milenial adalah orang-orang yang memikirkan masa depan dan tantangan mereka akan menjadi salah satu elemen penting  yang mengubah bangsa ke arah lebih baik.

Ilham mahasiswa salah satu peserta seminar terjauh yang berasal dari propinsi Sumatra Barat, mengatakan bahwa kegiatan seminar nasional pendidikan kali ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang bermutu di sekolah.

Nara sumber lain Ernawati, S.Psi., M.Psi yang membahas bagaimana mewujudkan sekolah cerdas. Dalam paparannya dia mengatakan bahwa guru harus mampu memahami siswanya secara mendalam. Guru harus mampu memahami keterampilan mendengar, mampu mewujudkan majemen konflik serta mampu bekerjasama sesuai dengan komitmen yang telah dibuat. (ayub)