PGRI Jawa Tengah Tanggung Biaya Peserta Kongres XXII PGRI

Posted by Admin on Agenda
PGRI Jawa Tengah Tanggung Biaya Peserta Kongres XXII PGRI

Selama beberapa tahun terakhir PGRI Jawa Tengah dinilai oleh Pengurus Besar PGRI sebagai PGRI terbaik se Indonesia. Penilaian itu diantaranya meliputi tertib pengelolaan administrasi dan keuangan organisasi serta kemampuannya menjalankan program yang telah ditetapkan. Ini semua terjadi karena kita mampu membangun soliditas dan solidaritas PGRI dengan baik. Demikian antara lain diungkapkan Ketua Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah, Widadi dalam Rakor Pengurus PGRI Jawa Tengah bersama Pengurus Kabupaten Kota se Jawa Tengah di Gedung Guru, Jl. Lontar 1 Semarang, Sabtu (25/05).

Calon DPD RI

Rakor persiapan menjelang Kongres XXII PGRI ini juga dikemas sebagai syukuran atas terpilihnya Ir. H. Bambang Sutrisno, MM dalam Pemilihan calon anggota DPD RI tahun 2019 dengan suara terbanyak ketiga dari 20 calon anggota DPD RI Dapil Jawa Tengah. Sebagaimana diputuskan dalam Konkerprov PGRI Jawa Tengah dukungan kita berikan kepada Ir. H. Bambang Sutrisno, MM, Ketua PGRI Kabupaten Sukoharjo untuk maju sebagai calon anggota DPD RI Dapil Jateng pada Pemilu tahun 2019. Dijelaskan oleh Widadi bahwa sejak tahun 2004, 2009, 2014, dan 2019 calon anggota DPD RI yang memperoleh dukungan PGRI Jawa Tengah selalu masuk empat besar dalam perolehan suara terbanyak sebagai calon anggota DPD. Tahun 2004, Dr. Sudharto, MA, tahun 2009 dan 2014, Dr. Sulistiyo, M.Pd (alm), dan tahun 2019, Ir. H. Bambang Sutrisno, M.M, Ini menunjukkan bahwa PGRI sebagai organisasi profesi guru juga merupakan aset sosial yang memiliki nilai sangat tinggi.

“Terpilihnya bapak Sudharto, bapak Sulistiyo, dan bapak Bambang Sutrisno secara berturut-turut menjadi anggota DPD RI ini merupakan bukti nyata bahwa PGRI memperoleh kepercayaan tinggi dari anggota”, jelas Widadi.

Widadi berpesan agar aset sosial ini terus dijaga dan dirawat dengan baik karena kepercayaan itu tidak diberikan secara gratis. Jika pada periode sebelumnya, pak Darto dan pak Sulis telah mampu menunjukkan kinerja terbaik guna merawat aset sosial ini, Widadi berharap bapak Bambang Sutrisno juga melakukan hal yang sama untuk menjaga kepercayaan anggota dan para guru.

Bambang Sutrisno pada kesempatan itu mengucapkan syukur atas ijin Allah dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah terutama Pengurus PGRI dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, cabang dan ranting serta seluruh anggota PGRI se Jawa Tengah beserta keluarganya, begitu juga kepada ormas, teman-teman, keluarga, dan semua yang telah memberi dukungan sehingga dirinya memperoleh suara signifikan dalam pemilu 2019. Disebutkan dalam penghitungan suara di KPU Bambang Sutrisno memperoleh 1.631.351 suara dan masuk urutan ketiga calon DPD RI Dapil Jateng dan urutan keenam perolehan suara terbanyak calon anggota DPD se Indonesia.

Peserta Kongres

Terkait dengan persiapan Kongres XXII PGRI di Jakarta tanggal 4 – 7 Juli 2019, Bendahara PGRI Jateng, H. Sakbani, S.Pd, M.H, mengungkapkan bahwa PGRI Jawa Tengah akan mengirim 142 orang peserta dengan biaya seluruhnya ditanggung oleh PGRI Provinsi Jawa Tengah, meliputi; biaya hotel, kontribusi peserta, bantuan transport, dan uang saku. Peserta dari 35 kabupaten/kota yang dibiayai masing-masing 3 orang, provinsi 27 orang ditambah 10 orang peserta dan peninjau. Jika ada daerah yang mengirimkan peserta lebih dari ketentuan tersebut, maka biayanya ditanggung oleh daerah masing-masing. Dijelaskan bahwa selain memperoleh bantuan uang transport per daerah dan uang saku per peserta sebesar Rp. 1.200.000 peserta dari kabupaten/kota se Jawa Tengah akan menggunakan mobil milik organisasi. Saat ditanya dari mana uang itu? Sakbani menyebutkan dari tabungan PGRI Jawa Tengah selama lima tahun.

Sakbani menambahkan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan Konferensi Provinsi (Konprov) XXII PGRI Jawa Tengah yang rencananya dilaksanakan di Semarang bulan Oktober 2019. Konferensi Provinsi XXII PGRI Jawa Tengah akan diikuti 2.200 peserta, mereka tidak dipungut biaya apapun, seluruhnya ditanggung oleh PGRI Provinsi Jawa Tengah, bahkan peserta juga masih mendapatkan uang transport dari PGRI Jawa Tengah.

Dalam rakor dengan PGRI Kab/kota tersebut Sakbani juga memaparkan draft perubahan AD/ART PGRI yang akan dibawa ke Kongres XXII PGRI, diantaranya tentang tata cara dan tata tertib pemilihan pengurus besar PGRI masa bakti XXII periode 2019 – 2024. Sementara, Sekum PGRI Jateng, Dr. Muhdi, SH, M.Hum menyampaikan teknis keberangkatan dan persiapan lain dalam mengikuti Kongres XXII PGRI, bulan Juli mendatang. (pur)