700 Guru SD Dilatih Menggambar

Posted by Admin on Berita
700 Guru SD Dilatih Menggambar

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora baru-baru ini mengadakan pelatihan menggambar bagi guru SD di SKB Blora. Acara tersebut merupakan kerjasama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Blora dengan Global Cipta Indonesia. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari itu diikuti oleh 700 guru kelas 1 SD dan tidak dikenakan biaya.

Pelatihan yang terbagi dalam dua sesi itu memiliki beberapa tujuan. Pertama, Membantu meningkatkan skill dan mutu pengajaran guru kelas rendah khususnya pelajaran seni menggambar yang kreatif. Kedua, Meningkatkan konsentrasi, daya ingat, kesabaran, ketelitian dan keuletan anak dalam menghasilkan sesuatu. Ketiga, Merubah kebiasaan lama dimana sebagian besar guru selalu mempersilahkan siswa menggambar bebas, selalu menggambar dua buah gunung, matahari dan sawah secara terus menerus. Sehingga kreativitas dan imajinasi siswa tidak berkembang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora yang diwakili Sekretaris Endang Rukmiati,SPd,MPd menyampaikan,”Upaya peningkatan kompetensi harus selalu dilakukan oleh semua guru supaya ada peningkatan mutu pendidikan.Guru dituntut  berinovasi dan berkreasi agar peserta didik terpola selalu kreatif”. Diakui pada umumnya kelas satu SD dipegang oleh guru kelas perempuan. Kelas 1 SD merupakan kelas terendah sehingga kompetensi paedagogik sangat diperlukan. (LA)