Siswa Diedukasi Bermedsos yang Bijak

Posted by Admin on Berita
Siswa Diedukasi Bermedsos yang Bijak

Brebes Derap Guru. Beberapa waktu yang lalu siswa SMA Negeri 1 Brebes yang tergabung dalam Paskibraka mendapat edukasi berupa tata cara bermedsos yang bijak. Materi tambahan mengenai  penerapkan metode atau cara milenial mengikuti era digital diberikan  dalam Pendidikan Dasar (Diksar) II Tonsus Garda Sakti Tahun 2019.

Adapun tata cara bermedsos yang bijak, disampaikan oleh Ketua Penerangan Kodim 0713 Brebes Serma Ujang Taiyo, SH, di Aula Sekolah.  Dalam kesempatan tersebut para siswa juga dipandu membuat media online berupa blogspot serta cara penulisan rilis maupun pengunggahan foto sesuai kaidah jurnalistik. Juga tata cara mengunduh berita-berita yang bersifat positif. Materi disampaikan dengan sarana pendukung lap top, smartphone dan layar proyektor.

Ujang mengatakan diera digital sekarang ini  segenap lapisan masyarakat memviralkan semua kegiatannya dengan memanfaatkan media sosial. Untuk itu diperlukan bimbingan agar siswa tidak memposting atau terjerumus berita hoax.  Siswa juga diharapkan mampu menyikapi secara internal bagaimana caranya agar tidak menelan secara mentah berita yang sedang viral di medsos, sehingga dapat membedakan antara berita hoax maupun yang bersifat realitas.

Dikemukakan oleh Ujang, sebagai TNI satuan teritorial dan bagian publikasi, pihaknya merasa peduli terhadap generasi muda yang akan melanjutkan negeri ini ke era keemasan. Untuk itu  Diksar II Tonsus Garda Sakti diberikan agar siswa tidak mudah terhasut atau diadu domba dengan isu-isu  yang belum tentu kebenarannya. Dalam kesempatan tersebut juga ditekankan agar siswa mengunggah kegiatan-kegiatan yang realitas dan positif saja. (LA)