Wakil Ketua YPLP DM PGRI Jt Ungkapkan Kiat Menjadi Pelajar Yang Handal

Posted by Admin on Berita
Wakil Ketua YPLP DM PGRI Jt Ungkapkan Kiat Menjadi Pelajar Yang Handal

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan utama dan yang pertama dilakukan oleh sekolah untuk membekali para peserta didik dalam mengawali tahun pelajaran baru. Terkait dengan itu, berbagai materi dan kegiatan disiapkan oleh sekolah untuk membekali para peserta didik baru, bukan saja dari internal para guru tetapi juga melibatkan institusi lain diluar sekolah.

Drs. Sarju Maheri, M.Pd, Wakil Ketua YPLP PGRI DM PGRI Jateng yang juga memberikan materi dalam MPLS di SMK PGRI 01 Semarang antara lain mengungkapkan pentingnya membangun dan mengembangkan karakter peserta didik. Dua karakter yang menurutnya harus dikembangkan, yakni moral dan kinerja. Moralitas ditandai dengan keimanan dan ketaqwaan, kejujuran dan rendah hati. Sedangkan karakter yang berkaitan dengan kinerja ditandai dengan kerja keras, unggul, tanggung jawab, tidak mudah menyerah, dan kerja tuntas.

Bagaimana menjadi pelajar yang handal? Sarju Maheri yang juga mantan Kepala SMAN 3 Semarang ini mengungkapkan kiat menjadi peserta didik yang handal, yakni harus belajar keras, belajar cerdas, belajar ikhlas, dan belajar tuntas.  Dan utnuk mengembangkan komtensinya, para pelajar harus bersikap kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.

Kepala SMK PGRI 01 Semarang, Dra. Hj. Titi Yulestariani mengungkapkan pada PPDB tahun pelajaran 2019/2020 ini sekolah yang dipimpinya mendapat 156 siswa baru yang akan dikelompokan ke dalam 5 rombel untuk jurusan OTKP dan AKL.

 “Alhamdulillah, sesuai jumlah ruang kelas yang tersedia untuk siswa baru tahun ini terpenuhi”, jelasnya.

Ditambahkan tahun ini SMK PGRI 01 Semarang juga  memperoleh bantuan dari Kemendikbud untuk mengembangkan program kewirausahaan para siswa. Diharapkan program ini nantinya menjadi program unggulan sekolah ini. (pur)