PGRI Jateng, Lakukan Pengabdian Masyarakat

Posted by Admin on Berita
PGRI Jateng, Lakukan Pengabdian Masyarakat

Musim kemarau yang berlangsung saat ini telah menyebabkan sejumlah daerah di Jawa Tengah kekeringan sehingga sebagian masyarakat pun mengalami kesulitan mendapatkan air yang menjadi kebutuhan hidup sehari-hari. Karena itu Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah merasa terpanggill untuk membantu meringankan beban masyarakat dengan memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang saat ini dilanda kekeringan, salam satunya adalah di Kabupaten Wonogiri. Demikian diungkapkan Bendahara PGRI Jateng, Sakbani saat menyerahkan bantuan air bersih kepada masyarakat desa Paranggupito, kecamatan Paranggupito, Sabtu (14/9).

Dikatakan, kegiatan ini merupakan salah satu fungsi organisasi profesi yakni pengabdian pada masyarakat. Secara organisatoris juga telah diputuskan dalam Konkerprov V PGRI Jateng serta Rakor bidang Penelitian dan Pengabdian masyarakat beberapa waktu lalu. Karena kekeringan di Jateng terjadi hampir setiap tahun maka kegiatan seperti ini juga menjadi program tahunan.

“bantuan air bersih sebanyak 110 tangki untuk 4 kecamatan di kabupaten Wonogiri ini belum mencukupi kebutuhan seluruh warga. Karena itu kami berdoa agar setelah ini,Tuhan segera menurunkan hujan sehingga kebutuhan air bersih bagi seluruh masyarakat bisa terpenuhi”, ujar Sakbani.

Ketua PGRI Kabupaten Wonogiri, Drs. Kusman, M.Pd menjelaskan bahwa diwilayahnya ada 25 kecamatan dan ada 4 Kecamatan yang saat ini mengalami kekeringan yakni kecamatan Eromoko, Pracimantoro, Paranggupito dan Giritontro. Atas bantuan air bersih yang diberikan PGRI Jateng tersebut, Kusman mengucapkan terima kasih dan berharap masyarakat dapat menerima serta memanfaatkanya secara hemat dan sesuai kebutuhan.

Sekcam Paranggupito, Suwarno, M.Pd yang menerima bantuan tersebut atas nama camat dan masyarakat Paranggupito juga mengaku sangat berterima kasih kepada PGRI dan para guru atas bantuan yang diberikan seraya berdoa agar PGRI dan para guru senantiasa diberkahi oleh Allah swt berupa kemudahan dan kemuliaan. Suwarno sendiri mengaku dirinya masih menjadi anggota PGRI karena sebelumnya dia adalah Guru SD, Kepala SD, Ka UPT dan sekarang dimutasi menjadi Sekcam. Suwarno selanjutnya menjelaskan bahwa masyarakat diwilayahnya ada 8 desa dan 89 dusun yang sejak bulan Agustus 2018 sudah mulai beli air sehingga bantuan air bersih dari PGRI Jateng ini dikatakan sangat berarti dan bermanfaat bagi warga masyarakat.

?

Bantuan air bersih PGRI Jateng sebelumnya juga diberikan kepada masyarakat di kecamatan Eromoko, bertempat di balai dusun Kendal, Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Desa Basuhan adalah salah satu desa di kecamatan Eromoko yang berada di ketinggian 474 mdpl, terdiri dari 11 dusun dan lokasinya 15 Km dari ibukota kecamatan Eromoko, 35 Km dari kota kabupaten Wonogiri. Desa ini lokasinya berada di puncak ketinggian berbatasan dengan wilayah DIY, jalannya sudah berbeton dan dapat dilalui dengan nyaman.