Kita Harus Menjaga dan Merawat Lingkungan

Posted by Admin on Berita
Kita Harus Menjaga dan Merawat Lingkungan

Musim Kemarau kali ini telah menjadikan banyak daerah kekeringan dan sebagian masyarakat di daerah tertentu kesulitan mendapatkan air bersih. Demikian diungkapkan Widadi, Ketua PGRI Jateng saat berbicara dalam acara “PGRI Jawa Tengah Peduli” dengan memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat desa/dusun Pamulihan, Kecamatan Larangan, Kabuapten Brebes, Selasa (12/09).

Didepan para pengurus PGRI cabang larangan dan para guru di wilayah tersebut Widadi menjelaskan bahwa bantuan air bersih dari PGRI Jawa Tengah ini memiliki landasan yuridis sebagai salah satu fungsi organisasi profesi, yakni pengabdian masyarakat. Dan landasan organisatorisnya adalah keputusan Konkerprov V PGRI Jawa Tengah dan keputusan Rakor Bidang Pengabdian masyarakat.

Widadi mengingatkan kita semua tentang pentingnya menjaga dan merawat lingkungan yang diberikan oleh Allah swt. Menjaga dan merawat lingkungan juga menjadi bagian dari ikhtiar kita untuk mencegah terjadinya bencana kekeringan dan bencana alam lain yang tidak kita kehendaki.

“Kita harus menjaga dan merawat lingkungan kita dan juga berhemat dalam menggunakan air ketika air melimpah sekalipun”, jelasnya.

Sebelumnya ketua PGRI Kabupaten Brebes, Drs. Tarsono Henri Hermanto, M.M menyampaikan terima kasih atas kepedulian PGRI Jawa Tengah terhadap masyarakat kabupaten Brebes yang sedang kesulitan air bersih akibat kemarau panjang.

Dikatakan, di kabupaten Brebes ada beberapa wilayah yang kini mengalami kekeringan. Tetapi bantuan air tidak bisa langsung disalurkan dalam jumlah banyak karena keterbatasan jumlah alat transportasi, sehingga pengiriman air diberikan secara bertahap.

Kepala Desa Pamulihan, Rodian yang hadir pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih atas bantuan air bersih yang benar-benar dibutuhkan masyarakat saat ini. Ditambahkan, pihaknya telah berupaya dengan berbagai cara untuk mendapatkan air diwilayahnya tetapi sumbernnya belum ditemukan.

Dari Larangan Brebes, Widadi yang saat itu didampingi Dr. Maryanto dan Tri Panji Irianto melanjutkan perjalanan untuk melakukan kegiatan yang sama, memberikan bantuan air kepada masyarakat di kabupaten Tegal. Bantuan air secara simbolis diserahkan kepada masyarakat kecamatan Warurejo. Kehadiran Widadi dan rombongan disambut Ketua PGRI Kabupaten Tegal, Akhmad Was’ari dan segenap pengurus lain di rumah Ketua Cabang PGRI Warureja, Hadis Siswoyo sebagai tempat transit sebelum menuju lokasi penyerahan bantuan. (pur)