Jumlah Guru Masih Kurang

Posted by Admin on Slider
Jumlah Guru Masih Kurang

Infokom PGRI Jateng-Ketua Pengurus Provinsi PGRI Jateng Dr H Muhdi SH M.Hum yg juga Rektor UPGRIS mengungkapkan, Universitas PGRI Semarang menjadi satu dari total 63 perguruan tinggi di Indonesia yang membuka seleksi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan tahun ini. Pembukaan tersebut untuk menambal kekurangan jumlah guru di Indonesia saat ini.

Rektor UPGRIS, Dr Muhdi menjelaskan saat ini Indonesia masih kekurangan guru dalam jumlah yang besar yakni 700 ribu guru. Jumlah tersebut masih lebih banyak daripada 400 ribu guru baru yang diangkat selama beberapa tahun ini.

"Di Jateng pun rata-rata sekitar 2 ribuan guru pensiun setiap tahun," jelasnya saat ditemui di kampus UPGRIS, Selasa (12/11/2019).

Muhdi menjelaskan pihaknya telah bertemu dengan Mendikbud Dikti Nadiem Makarim terkait hal tersebut."Dari pertemuan tersebut diperoleh kesepakatan bahwa penambahan guru adalah jalan terbaik."

"Terlebih Menteri Nadiem mengatakan tugasnya sebagai menteri adalah membenahi sistem pelajaran dan membenahi guru," kata Muhdi.

Ia menjelaskan untuk merekrut guru, awalnya harus mengikuti PPG tersebut. Hal itu untuk memberikan pelatihan lanjutan terkait kompetensi pengajaran dan karakter. "Artinya fokus guru tidak hanya menyiapkan siswa yang kompeten tapi juga berkarakter baik," jelasnya.

Adapun dalam PPG Prajabatan ini, menurutnya ada 13 bidang studi yang dibuka. Meliputi Pendidikan guru SD, Konseling, Kewarganegaraan, Pendidikan Jasmani, Bahasa Inggris, Matematika. Ekonomi, Sejarah, Akuntansi dan Keuangan, TIK, Teknik Otomotif, Pariwisata, dan Agribisnis.

Sementara dari 13 bidang studi PPG Prajabatan, UPGRIS membuka dua bidang studi yakni Matematika dan PGSD. Secara nasional kuotanya 12.225 peserta PPG bisa terjaring," paparnya.

Wakil Rektor 1 UPGRIS Dr Sri Suciati menambahkan pendaftaran PPG Prajabatan tersebut berakhir pada 2 Desember 2019. PPG tersebut bersifat mandiri.
"Biaya kuliah ditetapkan Rp 8,5 juta/smt,  selama dua semester," jelasnya.

Sumber: Tribunjateng.com