PGRI Jateng SLCC Siap Jadikan Guru Kapabel dan Berkarakter

Posted by Admin on Slider
PGRI Jateng SLCC Siap Jadikan Guru Kapabel dan Berkarakter

Semarang-Infokom.
Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah, Dr. Muhdi, S.H, M.Hum diundang dalam acara dialog interaktif di TVRI Jawa Tengah, Selasa (19/11).

Dialog yg disiarkan langsung dari studio TVRI Jateng  itu bernuansa santai dan sekaligus  memperlihatkan Kepiawaian Dr. Muhdi saat mengungkapkan  persoalan pendidikan di Indonesia dan Jawa Tengah Khususnya.

Muhdi mengungkapkan, sebagaimana dikatakan oleh Mendikbud Nadiem Makarim bahwa tugas yang diberikan presiden kepadanya adalah membenahi pembelajaran dan guru.

Terkait dengan pembelajaran, Muhdi menjelaskan, adalah bagaimana menyiapkan peserta didik yang kompeten dan berkarakter. 'Yaitu anak-anak yang mampu menghadapi tantangan masa depan dengan berbagai perubahan yang dahsyat dan kemajuan teknologi yang sangat cepat. Kuncinya ada pada guru', jelasnya. 

Terkait dengan guru menurut Muhdi, Mendikbud mengatakan bagaimana mewujudkan guru yang kapabel dan sejahtera. Ditegaskan, Mendikbud tidak akan mengganti guru dengan teknologi tetapi menjadikan teknologi itu sebagai alat yang dapat digunakan para guru. 

Muhdi selanjutnya menjelaskan apa yang dilakukan PGRI Jawa Tengah saat ini sejalan dengan apa yang menjadi fokusnya Mendikbud, yakni mewujudkan guru yang kapabel (kompeten) dan sejahtera sekaligus mampu menggunakan teknologi digital yang dibutuhkan dalam pembelajaran modern. 

'Sebelum Presiden Jokowi menunjuk Nadiem Makarim sebagai Mendikbud, kami (PGRI) sudah menyiapkan yang namanya PGRI Jateng Smart Learning and Character Center', jelas Muhdi.

PGRI Jateng Smart Learning and Character Center ini dibangun untuk menyiapkan guru yang kompenten, Guru yang memenuhi standar profesional guna mewujudkan tujuan pendidikan. 'Kita harus menyadari bahwa tugas guru adalah menyiapkan peserta didik menghadapi masa depan yang penuh tantangan, mampu bekerja dengan teknologi modern serta mampu mengikuti perubahan yang begitu cepat dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi'.tandas Muhdi  

Dia mengungkapkan, berbagai perusahaan saat ini jarang mempersoalkan kemampuan dan pengetahuan para pencari kerja tetapi hal yang lebih banyak dipersoalkan adalah hal-hal yang terkait dengan karakter. Dan itu hanya bisa dicapai dan disiapkan oleh guru yang kapabel dan sejahtera', tandas Muhdi penuh semangat.

Pastikan jumlah guru cukup, kompeten dan sejahtera. Pembelajaran efektif, menyenangkan bukan mengganti dengan teknologi tetapi kapabel menggunakan teknologi. 

“PGRI Jateng SLCC akan menyiapkan guru sesuai tuntutan perkembangan”, jelasnya. (Wis)