Menanti Eksekusi Kebijakan Mas Nadhiem

Posted by Admin on Slider
Menanti Eksekusi Kebijakan Mas Nadhiem

Semarang, Infokom PGRI Jateng.
Pidato Mendikbud Nadiem Makarim mendapat respons dari publik. Selain singkat dan jelas, pidato tersebut juga menyinggung peran guru yang signifikan dalam memperbaiki pendidikan di Indonesia.

Ketua Provinsi PGRI Jateng yang juga Rektor UPGRIS Dr.Muhdi, SH, MHum, diminta komentarnya oleh Metro TV Jateng dalam program Metro News yang disiarkan langsung tadi siang (28 November 2019: 13.30).

Menurut Muhdi, pidato Nadiem cukup simpel. Di bagian isi peraolan yang dibahas tidak terlalu asing. Tapi karena disampaikan secara lebih milenial, pidato tersebut jadi lebih menggebrak. Namun, Muhdi menegaskan, statemen dan pidato tersebut harus diimplementasikan langsung melalui kebijakan.

"Perubahan memang harus dimulai dari bawah. Namun itu tidak cukup. Harus ada regulasi yang jelas. Padahal masalahnya juga rumit, salah satunya persoalan kesenjangan dan lingkup geografi yang sangat luas," ungkap Muhdi.

Muhdi juga menambahkan bahwa ada harus deregulasi dan debirokrasi segera, agar guru lekas mengambil inovasi dan kreasi tanpa terkendala aturan birokrasi," tambahnya.

Tugas administrasi guru sampai hari ini masih terlalu banyak, sehingga membuat guru tidak merdeka untuk kreatif. Padahal Pak Nadiem meminta guru untuk kreatif. "Karena itu problem sekarang ialah birokrasi," tegasnya. (Hjr/wis)