Relevansi Pelatihan Dengan Tupoksi Guru

Posted by Admin on Slider
Relevansi Pelatihan Dengan Tupoksi Guru

Bantuan profesional PGRI Jateng Smart Learning and Character Center

Semarang-Infokom PGRI Jateng. Kita sepakat semua guru harus profesional. Itulah sebabnya Program kegiatan PGRI Jateng SLCC (Smart Learning and Character Center) sebagai ajang peningkatan kemampuan profesional guru dengan pembelajaran berbasis teknologi informasi telah dan akan terus melaksanakan kiprahnya.

Profesionalisme guru
Tujuan akhir upaya peningkatan kemampuan profesional guru adalah bertumbuhkembangnya profesionalisme guru. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan profesional guru PGRI Jateng SLCC diarahkan pada pembinaan kemampuan dan sekaligus pembinaan komitmennya.

Secara teknis pelatihan-pelatihan PGRI Jateng SLCC ini terutama diarahkan pada teknis pengelolaan pembelajaran dan standar proses dengan berbagai program digital, seperti; pengenalan gafe, membuat akun geogle, membuat soal online, penyajian perangkat pembelajaran berbasis digital. Google mail, Hangout, Google site, Google doc, Google Sheet, Google Calender, Google Drive, Google Classroom, dan Pendidikan Karakter dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Guru mengikuti pelatihan digitalisasi pengelolaan pembelajaran di PGRI Jateng SLCC

Bantuan profesional
Peningkatan kemampuan profesional guru dapat diartikan sebagai upaya membantu guru yang belum matang menjadi matang, yang tidak mampu mengelola sendiri menjadi mampu mengelola sendiri, yang belum memenuhi kualifikasi menjadi memenuhi kualifikasi, yang belum terakreditasi menjadi terakreditasi. Peningkatan kemampuan profesional guru dapat juga diartikan sebagai upaya membantu guru yang belum profesional menjadi profesional. Jadi, peningkatan kemampuan profesional guru di PGRI Jateng SLCC merupakan bantuan profesional.

Oleh karena sekedar bantuan, yang lebih berperan aktif dalam upaya pembinaan itu adalah guru itu sendiri. Artinya, guru itu sendiri yang seharusnya meminta bantuan kepada yang berwenang untuk mendapatkan pembinaan. 

Sesungguhnya, seberapa relevankah hasil pelatihan ini dengan tugas pokok dan fungsi  (TUPOKSI) seorang guru. Berikut komentar peserta pelatihan digitalisasi pengelolaan pembelajaran PGRI Jateng SLCC yang dihimpun melalui data on_line dari pelatihan yang berlangsung pada Sabtu (21/12).

Wakil Ketua PGRI Jawa Tengah membuka Pelatihan Pengelolaan Pembelajaran Digital di PGRI Jateng SLCC

Berikut komentar peserta pelatihan digitalisasi pengelolaan pembelajaran PGRI Jateng SLCC yang dihimpun melalui data on_line dari pelatihan yang berlangsung pada Sabtu (21/12). Apakah konten pelatihan PGRI Jateng SLCC relevan dengan TUPOKSI Anda sebagai guru?

Drs Suwarno Agung Nugroho MM SMP Negeri 21 Semarang menyatakan sangat relevan. Senada dengan Agung peserta lain Siti Yulaeha dari SMP Negeri 9 Kota Magelang menjelaskan bahwa konten pelatihan PGRI Jateng sangat relevan dengan kebutuhan guru.

Baca juga : Dapat Ilmu Baru Berguna Bagi Guru

Sebagai sebuah bantuan profesional, PGRI Jateng SLCC menurut peserta pelatihan adalah wadah melaksanakan bantuan atau pembinaan tersebut secara profesional. 

Fitria Rachmawati SD Negeri 3 Balun Cepu Blora sangat relevan Suhardi, S.Pd.SD SDN Sambiroto 03 Semarang relevan Hary Pangesti SDN Sambiroto 03 Semarang relevan Lusia Sri Hartati, S.Pd TK Kemala Bhayangkari 30 Semarang sangat relevan. (Wis)