Mempertaruhkan Siswa Berprestasi dengan PPDB

Posted by Admin on Artikel
Mempertaruhkan Siswa Berprestasi dengan PPDB

Semarang, Infokom PGRI Jateng. Ketua Pengurus PGRI Jawa Tengah Dr Muhdi SH MHum menilai, 
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang setiap tahun memicu masalah, diantaranya dengan kebijakan zonasi yang berlaku, membuat calon peserta didik berprestasi tidak dapat diberi kesempatan memilih sekolah yang diminati, dikalahkan oleh jarak rumah yang lebih dekat sekalipun prestasinya jauh dibawahnya.

Dr Muhdi menyatakan, sekalipun diberi kesempatan namun sangat kecil prosentasenya, sehingga dirasakan tidak adil. Apalagi harus disadari bahwa di Indonesia, kualitas, sarana prasara, dan guru masih terdapat kesenjangan. Disamping itu keberadaan sekolah terutama sekolah menengah belum tersebar secara merata di setiap wilayah.

Dr Muhdi menegaskan, apapun kebijakan pendidikan yang diterapkan akhirnya terpulang pada guru, sehingga sebenarnya apa yang dikatakan Mendikbud bahwa tugas Presiden yang dibebankan kepadanya adalah mberesin pembelajaran dan guru, pada hakekatnya adalah mberesin guru, yaitu membuat guru kapabel dalam melakukan pembelajaran dan guru sejahtera. Guru sejahtera berarti mempunyai status yang jelas/pasti, mendapat penghasilan yang layak, dan terlindungi, tegasnya. (Wis)