Dr H Muhdi SH M.Hum Ketua PGRI Jawa Tengah (#1 ">

Mempertaruhkan Pemenuhan Kebutuhan Guru

Posted by Admin on Artikel
Mempertaruhkan Pemenuhan Kebutuhan Guru

"Tahun Pertaruhan Pendidikan Indonesia"

Dr H Muhdi SH M.Hum Ketua PGRI Jawa Tengah (#1 s.d. #10) #9

Semarang, Infokom PGRI Jawa Tengah. Ketua PGRI Jateng Dr Muhdi SH MHum mengungkapkan, salah satu hal yang harus diketahui bahwa penyebab rendahnya peringkat PISA menurut Mendikbud adalah sumber daya guru yang jumlah maupun penghasilan yang diberikan terutama di sekolah-sekolah yang terjadi ketimpangan sangat kurang memadai.

Terlalu banyak terutama di SD yang jumlah guru tetapnya tinggal 3 atau 4 termasuk kepala sekolah, dan selebihnya 6 atau 5 lainnya adalah GTT/guru honorer. Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa di beberapa sekolah jumlah gurunya cukup/- lebih, bahkan terdapat juga sekolah-sekolah yang guru-gurunya terkumpul guru terbaik.

Baca juga : Mempertaruhkan Sekolah yang Kekurangan Guru dengan Pelarangan Pengangkatan GTT

Untuk itu, menurut Dr Muhdi, rekruitmen guru tetap ASN/P3K tidak dapat ditunda lagi, dengan memberikan prioritas GTT/guru honorer yang memenuhi syarat, walaupun tidak mungkin melakukan rekrutmen sekaligus tetapi harus jelas skemanya, dan sebelum dipenuhinya kebutuhan guru, maka GTT/PTT diberikan pengahasilan yang layak.

Agar pengangkatan guru benar-benar memenuhi syarat undang-undang, Dr Muhdi menambahkan, maka penyelenggaraan PPG dalam jabatan harus dilakukan dalam jumlah yang cukup, bahkan bukan saja untuk memenuhi kebutuhan guru di sekolah negeri saja tetapi juga sekolah swasta.