Susno, M.Pd., Ketua Kabupaten PGRI Magelang Masa Bakti XII

Posted by Admin on Berita
Susno, M.Pd., Ketua Kabupaten PGRI Magelang Masa Bakti XII

Mungkid (26/09), Infokom PGRI Jateng.

Wk. Ketua Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah, Dr.H Bunyamin MPd  dalam sambutanya pada Konferensi XXII PGRI Kabupaten Magelang menyatakan, organisasi PGRI adalah organisasi pembelajar (learning Organitation). Artinya, organisasi yang mampu membaca segenap perkembangan dan suasana. "Organisasi yang tanggap situasi ekonomi, sosial, politik, hukum dan sebagainya."

"Untuk bisa membaca perkembangan tersebut, maka tidak bisa tidak Pengurus harus mau belajar kepada siapapun yang memiliki ilmu kecakapan tersebut", tegas Dr Bunyamin.

Menurut Dr Bunyamin,  di masa pandemi seperti sekarang ini, PGRI juga mestinya tanggap untuk bisa memfasilitasi para orang tua yang saat ini merasakan bagaimana menjadi guru bagi anak2 nya.. memfasilitasi menjadikan "orang tua pembelajar", jelas Dr Bunyamin.

Selanjutnya Dr. Bunyamin juga mengingatkan,  sejak berdirinya PGRI di Surakarta, 25 November 1945 merupakan kesadaran para guru untuk bersatu. Sebelumnya ada ber macam-macam organisasi guru tetapi kemudian melebur menjadi satu bernama PGRI. 

"Ada 4 tujuan PGRI yang hendak diwujudkan sejak kelahiranya. 4  tujuan PGRI itu adalah; Mempertahankan NKRI, Memajukan Pendidikan, Memuliakan Guru, dan Membantu Kesulitan Guru", Jelas Dr Bunyamin

Selanjutnya,  Bupati Magelang Zaenal Arifin S.Ip mengingatkan untuk tetap jangan melupakan sejarah yang mengantarkan Indonesia seperti saat ini.

Terkait dengan konferensi PGRI, Bupati juga menandaskan pengurus yang baru nanti juga harus terus belajar sehingga mampu mengikuti perubahan sesuai aturan main. Dan tentunya akan menjadi pengurus yg bermitra dengan pemerintah, terutama untuk kemajuan masyarakat kab.magelang.

Konferensi digelar di Gedung Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (26/09). Diawali laporan Ketua Pengurus Kabupaten PGRI Magelang XXI,  H Muslih SPd MAcc menyatakan bahwa Konferensi ini diselenggarakan dalam upaya memenuhi amanat AD ART PGRI. Konferensi Kabupaten PGRI Magelang merupakan forum tertinggi yang berfungsi untuk laporan pertanggungjawaban kurun 5 tahun(2014 s.d 2019), dan menyusun program kerja kedepan, serta pemilihan pengurus masa bakti XXII periode th 2020-2025. Muslih juga mengharapkan, kepengurusan yang nanti akan terpilih, siapapun yg jadi pengurus, harus mampu menjalankan roda organisasi lebih baik dari kepengurusan sebelumnya.

Hasil pemilihan Pengurus MB XXII PGRI Kab. Magelang (2020 -2025) dari 64 calon pengurus dan 499  suara dan berdasar suara terbanyak.

F1., Ketua Susno MPd ( 311) 
F2. Wakil Ketua.
1. Murdono MPd  (403)
2. Slamet SPd. (274)
F3.  Sekretaris  Subur Subiyanto (242)