Ketua PGRI Jateng Dr H Muhdi SH MHum: Guru Honorer Penyelamat Pendidikan di Masa Pandemi

Posted by Admin on Slider
Ketua PGRI Jateng Dr H Muhdi SH MHum: Guru Honorer Penyelamat Pendidikan di Masa Pandemi

Dari Konferensi Kabupaten PGRI Jepara Masa Bakti XXII

*Ketua PGRI Jateng Dr H Muhdi SH MHum: Guru Honorer Penyelamat Pendidikan di Masa Pandemi*

*DRS SUBANDI KETUA PGRI JEPARA XXII*

Jepara (05/11), Infokom PGRI Jateng.

Ketua Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah, Dr. Muhdi SH MHum dalam sambutanya pada Konferensi XXII PGRI Kabupaten Jepara menyatakan, Tidak ada yang menyangka, secara tiba-tiba, pandemi Covid-19 merebak di seluruh dunia, dan harus diakui bidang pendidikan sangat terdampak adannya pandemi. "Secara tiba-tiba pula, Pembelajaran harus dilakukan secara on_line atau daring, dan dalam pembelajaran daring atau on_line inilah guru honorer jadi dewa penyelamat. Harus diakui guru-guru honorer yang relatif masih muda, lebih menguasai IT untuk sarana pembelajaran daring ketimbang guru-guru senior. Guru Honorer Patut disebut Penyelamat Pendidikan di Masa Pendemi Ini", tegas Dr Muhdi.

Oleh karena itu, Dr Muhdi melanjutkan, PGRI sebagai organisasi profesi maka segenap pengurus harus mampu menampakkan wajah keprofesian guru.

"PGRI harus mampu menjadi solusi dalam bidang profesi pendidikan. Guru-guru honorer harus kita rangkul, upayakan kesejahteraan mereka bisa ditingkatkan", tegas Dr Muhdi.

Dalam upaya menciptakan SDM unggul, lanjut Dr Muhdi, maka kuncinya ada pada guru. Artinya, guru harus kapabel dan sejahtera. "Peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru inilah hakekat dari tugas PGRI untuk meningkatkan profesionalitas, kompetensi, kesejahteraan, dan perlindungan bagi guru", tegas Dr Muhdi.

Selanjutnya Dr. Muhdi juga mengingatkan, sejak berdirinya PGRI di Surakarta, 25 November 1945 merupakan kesadaran para guru untuk bersatu. Sebelumnya ada ber macam-macam organisasi guru tetapi kemudian melebur menjadi satu bernama PGRI.

"Ada 4 mimpi atau tujuan yang hendak PGRI wujudkan sejak kelahiranya. 4 mimpi yang juga menjadi tujuan PGRI itu adalah; Mempertahankan NKRI, Memajukan Pendidikan, Memuliakan Guru, dan Membantu Kesulitan Guru", Jelas Dr Muhdi

Selanjutnya, Bupati Jepara H. Dian Kristiandi S.Sos mengungkapkan beberapa permasalahan yang ada di Kabupaten Jepara khususnya terkait dengan masalah karakter anak bangsa, khususnya di Kabupaten jepara yg terlihat semakin menurun, karena pengaruh lingkungan eksternal maupun internal.

Demikian juga terkait dengan pandemi covid-19, bupati juga berharap agar disetiap acara yang digelar di Kabupaten jepara, dilakukan protokol kesehatan.

Sedangkan terkait dengan reorganisasi PGRI Jepara, bupati berharap agar nanti bisa terpilih pengurus yang mampu meningkatkan atau minimal mempertahankanprogram yang telah dilakukan pada periode sebelumnya.

"Pengurus terpilih sebaiknya mampu mempertahankan program-program yang sudah berjalan dengan baik, syukur bisa lebih ditingkatkan", demikian harap bupati.

Konferensi Kabupaten PGRI Jepara MB XXII dibuka oleh Bupati, dihadiri kadisdikbud Agus Triharjono SH MM dan penasihat PGRI Jepara, dan segenap Perwakilan dari Cabang PGRI se Kabupaten Jepara. Konferensi digelar di Gedung PGRI Jepara, Kamis (05/11). Diawali laporan panitia dan sambutan Ketua Pengurus Kabupaten PGRI Jepara XXI, Drs Kiswadi yang menyatakan bahwa Konferensi ini diselenggarakan dalam upaya memenuhi amanat AD ART PGRI. Konferensi Kabupaten PGRI Jepara merupakan forum tertinggi yang berfungsi untuk laporan pertanggungjawaban kurun 5 tahun(2014 s.d 2019), dan menyusun program kerja kedepan, serta pemilihan pengurus masa bakti XXII periode 2020-2025.

Drs Kiswadi juga mengungkapkan program-program yang telah dilaksanakan semasa periode kepengurusannya Usai pembukaan konferensi, dilanjutkan dengan pemilihan pengurus

*Drs Subandi Ketua Kabupaten PGRI Jepara*

Drs Subandi, yang muncul dari unsur SMK Jepara, akhirnya terpilih sebagai Ketua Pengurus Kabupaten Jepara masa bakti XXII. Daftar calon yang sah dan ditetapkan sebagai calon pengurus berjumlah 49 calon, dengan keseluruhan jumlah 139 suara, dilakukan model pemilihan secara paket, yakni pemilihan secara berbareng untuk memilih F1, F2, dan F3.

F1 untuk satu orang ketua terpilih Drs Subandi dengan jumlah 80 suara, untuk F2 (Wakil Ketua.1) terpilih Hartono MPd dengan 86 suara dan wakil Ketua.2 Darono Ardi Widodo dengan 85 suara, sedangkan F3 (Sekretaris) terpilih Sudiharto SPd dengan 79 suara. Selanjutnya pengurus terpilih bertindak sebagai formatur didampingi Wk Ketua Provinsi PGRI Jateng H Sakbani SPd MH dan Ketua Pengurus Kabupaten PGRI Jepara XXI untuk memilih kepengurusan melengkapi susunan kepengurusan PGRI Kab Jepara masa bakti XXII.

Proses pemilihan yang dilakukan panitia, dan dipandu langsung oleh Wk Ketua H Sakbani SPd MH didampingi Ketua Biro Infokom PGRI Jateng Dr Agus Wismanto MPd berjalan lancar dan tertib. Seusai sidang formatur, selanjutnya dibacakan susunan kepengurusan oleh sekretaris terpilih, dan dilanjutkan pelantikan oleh Ketua Wk Ketua Pengurus Provinsi PGRI Jateng H Sakbani SPd MH, dan dilanjutkan pengucapan janji pengurus serta serah terima jabatan dari Pengurus Kabupaten PGRI Jepara XXI kepada Ketua Kabupaten Japara XXII. Konferensi diakhiri dengan ucapan selamat kepada pengurus terpilih dari seluruh hadirin.

SUSUNAN PENGURUS

KABUPATEN PGRI JEPARA MASA BAKTI XXII TAHUN 2020 - 2025

A. Pengurus Harian Ketua : Drs. SUBANDI

Wakil Ketua : DARONO ARDI WIDODO, M. Pd.

Wakil Ketua : HARTONO, M. Pd.

Sekretaris : SUDIHARTO, S.Pd.

Wakil Sekretaris : HARMANTO, S. Pd., M. Pd.

Bendahara : SUTRISNO, S.Pd.

Wakil Bendahara : ESTI WIBAWANI, S. Pd.

B. Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi : NURYADI, S. Pd., MM.

Pengembangan Profesi : NURUL AFIFAH, S. Pd., M. Pd.

Pengembangan Karier : HARIMURTI, S. Pd. AUD., M. Pd.

Penegakan Kode Etik : Drs. SUDAR,M. Pd. I

Bidang Advokasi, Bantuan Hukum, dan Perlindungan Profesi : BASUKI, S. Pd.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat : Drs. ARIS HIDAYANTO, M. Si.

Kerjasama dan Pengembangan Usaha : NURYASTUTI, S. Pd.

Kesejahteraan dan Ketenagakerjaan : BANI, S. Pd., M. Pd.

Pemberdayaan Perempuan : SRI MURTINING RAHAYU, M. Pd.

Komunikasi dan Informasi : Drs. ARIF MUJIONO Olah Raga, Seni, dan Budaya : JOKO SUSANTO, S. Pd.

Pembinaan Kerohanian dan Karakter Bangsa : AHMAD NUR ROFIQ, S. Pd., M. Pd.