Kreativitas dan Dedikasi Guru Menuju Indonesia Maju

Posted by Admin on Berita
Kreativitas dan Dedikasi Guru Menuju Indonesia Maju

*Dari Puncak Peringatan HUT ke 75 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2020*

serta

*Konferensi Kerja guru Kabupaten PGRI Purbalingga Tahun Pertama Masa Bakti XXII*

Purbalingga, Infokom PGRI Jateng.

Dibingkai tema ' 'Kreativitas dan Dedikasi Guru Menuju Indonesia Maju', langkah konkret dan komitmen PGRI Purbalingga untuk meningkatkan kualitas guru anggota PGRI terlihat nyata dari kegiatan HUT PGRI dan peringatan HGN 2020 serta Konferensi Kerja PGRI Purbalingga tahun Pertama Masa Bakti XXII, yang ditandai dengan penyerahan penghargaan dalam lomba menulis artikel dan pembuatan video pembelajaran, serta lomba kreativitas bagi siswa tingkat SD, SMP, dan SMA.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan bersama oleh Wakil Ketua PGRI Jateng Drs Rismono MPd., Asisten bidang Pemerintahan Kab Purbalingga Imam Wahyudi SH MSi., yang mewakili kemenag Purbalingga, dan yang mewakili Dinas Pendidikan sekaligus selaku Ketua PGRI Purbalingga, Joko Sumarno SPd MPd., berlangsung di Aula PGRI Jl. Cahyana Baru- Purbalingga, Senin (21/12).

Diawali dengan laporan sambutan Ketua PGRI Purbalingga Joko Sumarno MPd yang mengungkapkan agenda sejumlah kegiatan dalam rangka meramaikan HUT PGRI dan HGN tahun 2020, diantaranya lomba membuat video pembelajaran, menulis artikel, membuat logo PGRI bagi siswa, diklat PPJ, donor darah, dan membantu guru yang terdampak covid.19.

"Dalam situasi pandemi ini, PGRI Purbalingga juga sangat mengapresiasi para guru anggota PGRI yang tetap mengabdi pantang menyerah terhadap covid.19", ujar Joko Sumarno.

Selanjutnya, Wakil Ketua PGRI Jateng Drs Rismono MPd mengapresiasi Pemkab Purbalingga, atas dukungan kepada PGRI Purbalingga selama ini, termasuk penyelenggaraan Konferensi Kerja.

Rismono menyatakan, hal yang paling mendasar guna tercapainya tujuan organisasi PGRI adalah adanya sinergitas antara organisasi dengan pemerintah, apakah pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Oleh karena itu, lanjut Rismono, upaya yang harus tetap dipupuk adalah menjaga komunikasi, senantiasa melakukan koordinasi, dan konsultasi organisasi.

"Sehingga dinamisasi yang terjadi akan senantiasa dalam koridor aturan dan kebijakan yang berpihak kepada kebaikan bersama", ujar Rismono.

Selanjutnya Rismono juga mengapresiasi Pengurus Kabupaten PGRI Purbalingga, atas peran aktif selama ini. "PGRI Purbalingga telah banyak mewarnai dan memberikan warna dalam perjuangan PGRI bagi anggotanya", tegas Rismono

Rismono juga berharap Pengurus dan segenap anggota PGRI Purbalingga bisa meneladani perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, seorang Jendral besar yang tidak hanya dikenal oleh bangsa Indonesia, tetapi bangsa lain pun menaruh hormat karena perjuangannya, kepemimpinannya, bahkan karena keteladanannya. Hingga pemerintah Jepang mengabadikan penghormatannya dengan membuat sekaligus menempatkan patung beliau pada 14 Januari 2011 di kantor Kementerian Pertahanan Jepang di Tokyo

"Dan yang lebih membanggakan lagi ternyata beliau adalah seorang Jendral besar yag pernah menjadi Guru, maka sudah sepatutnya pula kita berdiri pada barisan terdepan dalam meneruskan perjuangan beliau utamanya adalah dalam mengisi kemerdekaan melalui peningkatan mutu pendidikan", ungkap Rismono bersemangat.

Selanjutnya Rismono menjelaskan, saat ini, perhatian kita terrfokus kepada Guru Honorer, seiring dengan informasi seleksi baik ASN maupun PPPK, PGRI Provinsi tetap berkomitmen memperjuangkan mereka, salah satunya adalah dengan melaksanakan try out bagi anggota PGRI baik dilaksanakan di tingkat Provinsi, maupun dilakukan di daerah sesuai kebutuhan daerah.

"Tahun 2020, inipun Insya Allah PGRI Provinsi melakukan hal yang sama, meski dilakukan secara virtual, semoga hal ini memberi manfaat bagi semuanya", ujar Rismono mengakhiri sambutannya.

Memberi sambutan dan membuka pada acara Puncak Peringatan HUT PGRI dan HGN serta Konferensi Kerja Kabupaten Purbalingga, Assisten Bidang Pemerintahan Kab Purbalingga Imam Wahyudi SH MSi.