PGRI Jateng Siapkan Tim Gelar Try Out Test PPPK 2021

Posted by Admin on Slider
PGRI Jateng Siapkan Tim Gelar Try Out Test PPPK 2021

Semarang, Infokom PGRI Jateng.

Komitmen Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah membantu GTK honorer untuk memiliki status dan masa depan yang jelas serta kesejahteraan yang memadai terus dilakukan. Menyikapi kebijakan pemerintah yang akan merekrut satu juta guru berstatus PPPK tahun 2021, PGRI Jawa Tengah mengambil langkah cepat dengan membentuk Panitia Simulasi dan Bimbingan Seleksi PPPK.

Panitia bekerja sama dengan SLCC dan APKS PGRI Jawa Tengah dalam menjalankan tugas membantu para GTK honorer menghadapi seleksi PPPK tahun 2021 mendatang. Demikian diungkapkan Panitia Kegiatan Simulasi dan Bimbingan Seleksi PPPK PGRI Jawa Tengah, Drs. Agung Purwoko, MPd dalam rapat panitia yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom milik SLCC PGRI Jawa Tengah, Senin (25/01).

Dijelaskan oleh Agung Purwoko bahwa kebijakan ini didasarkan hasil rapat pleno Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah, Selasa (19/01).

“Ujian PPPK ini berbeda dengan ujian CPNS, karena tidak ada seleksi kompetensi dasar, hanya seleksi kompetensi bidang/teknis”, jelas Agung yang juga Ketua APKS PGRI Jawa Tengah ini.

Wakil Sekretaris Umum PGRI Jawa Tengah yang juga Koordinator SLCC PGRI Jateng, Dr. Saptono Nugrohadi, MPd, MSi memperinci bahwa program Siap Lebih Awal Tes PPPK dan Tes CPNS adalah program tahunan PGRI Jawa Tengah.

"Tahun lalu PGRI sudah melaksanakan Simulasi Tes CPNS secara luring sinkromous. Menyesuaikan kondisi saat ini Try Out Tes PPPK 2021 dilaksanakan dalam jaringan sinkronous dan asinkronous" terang Saptono.

Dr Saptono Nugrohadi, MPd., MSi yang juga Ketua SLCC PGRI Jawa Tengah menguraikan bahwa kegiatan Simulasi dan Bimbingan Seleksi PPPK kepada honorer tahun 2021 dilakukan secara daring sinkronous dan asinkronous dan menggunakan aplikasi yang ramah bagi para peserta. 

Pelaksanaan simulasi dan bimbingan ini direncanakan berlangsung tanggal 22 Februari – Maret 2021 dan akan diikuti oleh para pendaftar dari 35 kab/kota se Jawa Tengah. Materi Simulasi Ujian (Seleksi) terdiri dari ; Kompetensi Teknis (sesuai Mapel), Tes Bakat Skolastik (penalaran), Managerial, Sosio kultural, dan pertanyaan wawancara (secara tertulis).

Materi, Soal Simulasi Tes dan Instrumen Simulasi Tes PPPK disiapkan oleh Tim khusus dari PGRI Jateng, UPGRIS, dan Indonesia College diantaranya Dr. Listyaning Sumardiyani M.Hum (Penanggung Jawab PPG), Dr. Arri Handayani, M.Si (Pakar Pskologi), Syaifuddin, dan Ismail dari Indonesia College serta Drs Sholeh Amin, M.Pd. selaku penanggungjawab.

Pendaftaran peserta simulasi dan bimbingan seleksi PPPK dilakukan secara online melalui link: http://bit.ly/daftartryoutpgri2021 , mulai 25 – 30 Januari 2021 (ditutup pk 23.55).

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd, MSi menegaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan jati diri PGRI sebagai organisasi profesi, organisasi perjuangan dan organisasi ketenagakerjaan.