Dirjen GTK Pastikan Kekurangan 1 Juta Guru Akan Dipenuhi Melalui Formasi PPPK dan CPNS

Posted by Admin on Slider
Dirjen GTK Pastikan Kekurangan 1 Juta Guru Akan Dipenuhi Melalui Formasi PPPK dan CPNS

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud memastikan bahwa kekurangan 1 Juta guru akan dipenuhi melalui formasi PPPK dan CPNS. Saat ini, dari 2,2 juta guru yang dibutuhkan di seluruh Indonesia, sekitar separuhnya atau 1 juta guru akan dipenuhi dari skema PPPK tersebut. 

“Dari angka 1 juta tersebut, kita dorong agar bisa dipenuhi dari guru honorer, yang saat ini secara nasional ada sebanyak 742 ribu orang,” papar Dirjen GTK Kemendikbud, Dr. Iwan Syahril, Ph.D, dalam Rakor Kebijakan Rekrutmen Guru ASN (PPPK dan CPNS, yang digelar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Tengah secara online di Semarang, Kamis (28/1/2021).

Pihaknya berharap dengan skema PPPK tersebut, mampu menjawab kebutuhan guru yang berkualitas, sebab diakui selama ini masih banyak guru honorer yang ‘nyambi’ untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

“Kita tidak menutup mata, bahwa banyak guru honorer yang digaji sesuai kemampuan sekolah, ada yang Rp 200 ribu, Rp 300 ribu, Rp 700 ribu. Akibatnya, mereka mesti bekerja lagi di luar sekolah untuk mencukupi kebutuhannya. Jadi tidak fokus, sehingga berdampak pada kualitas. Harapannya dengan skema ini, persoalan tersebut bisa terselesaikan karena secara kesejahteraan sudah diperhatikan,” tegas Dirjen GTK Kemendikbud, Dr. Iwan Syahril, Ph.D.