Simulasi Test P3K PGRI Jateng Berbagi Peran Dengan APKS dan SLCC PGRI Kab/Kota

Posted by Admin on Slider
Simulasi Test P3K PGRI Jateng Berbagi Peran Dengan  APKS dan SLCC PGRI Kab/Kota

Semarang, Infokom PGRI Jateng. Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah terus mematangkan persiapan pelaksanaan Simulasi Test P3K dan Bimbingan bagi para guru honor yang akan mengikuti test tersebut. Ini adalah bagian dari komitmen dan solidaritas PGRI Jawa Tengah untuk membantu para guru honor agar bisa lolos dalam seleksi PPPK tahun 2021. Demikian diungkapkan Sekum Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah, Drs.Aris Munandar,M.Pd saat memberikan pengantar rapat koordinasi bersama panitia, APKS, SLCC PGRI Jateng, Pengurus Kabupaten/kota, Pengurus APKS dan SLCC PGRI Kabupaten/kota yang dilakukan secara daring, Senin (8/02). Dijelaskan oleh Sekum Aris Munandar, Rakor ini untuk membicarakan teknis pelaksanaan dan memantapkan peran masing-masing demi lancar dan suksesnya kegiatan tersebut. 

Dalam Rakor tersebut, Wakil Sekretaris Umum PGRI Jateng yang juga ketua PSLCC PGRI Jateng, Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd, MSi bertindak selaku Host dan penanggung jawab IT, baik untuk rapat daring maupun pelaksanaan Simulasi dan bimbingan test PPPK. Saptono mengungkapkan simulasi dan bimbingan test PPPK oleh PGRI Jawa Tengah nanti akan dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh 63.172 peserta. 
   
Ketua Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah, Dr. Muhdi, SH, MHum saat memberikan sambutan dan pengarahan pada acara tersebut menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan Simulasi dan bimbingan test P3K dalam upaya membantu  para guru honorer agar mereka lolos seleksi sehingga nantinya memperoleh status dan masa depan yang jelas serta kesejahteraan yang memadai. 

Dr. Muhdi juga mengungkapkan bahwa kegiatan Sosialisasi perekrutan PPPK oleh Dirjen GTK yang diselenggarakan PGRI Jateng, Kamis (28/01) telah berjalan sukses dan dapat memberikan  informasi yang mencerahkan kita semua. Dikatakan, Video tentang itu juga sudah dishare ke beberapa grup medsos sehingga para guru honor tidak perlu ragu untuk mengikuti test PPPK tersebut. 

“Guru-guru honor adalah asset SDM bagi PGRI, mereka adalah kader-kader terbaik. Melalui simulasi  dan bimbingan ini nanti diharapkan semua guru honor bisa lolos seleksi”, harap Dr. Muhdi.

Dr. Muhdi selanjutnya berharap agar dalam pelaksanaan simulasi tersebut panitia berkoordinasi dan berbagi peran dengan Pengurus Kabupaten/kota, dan APKS / SLCC PGRI  Kabupaten/kota sehingga kegiatan yang diikuti peserta yang cukup besar ini berjalan lancar dan sukses. 


Drs. Agung Purwoko, M.Pd, Ketua Panitia Simulasi test PPPK menjelaskan tentang materi dan jadwal kegiatan, baik untuk materi simulasi test maupun bimbingan bagi 63.172 peserta yang akan dilakukan secara daring. Materi meliputi test kompetensi teknis, test bakat skolastik, manajerial, sosio kultural, dan test wawancara. Materi juga dibedakan untuk SD kelas rendahdan kelas tinggi, SMP, SMA dan SMK.  Agung yang juga Ketua APKS PGRI Jateng ini menambahkan, pihaknya juga berbagi peran dengan Pengurus APKS dan SLCC PGRI Kab/kota agar pelaksanaan simulasi dan bimbingan test PPPK nanti berjalan lancar dan sukses. Pelaksanaan Simulasi dijadwalkan berlangsung dua hari, tanggal 22 - 23 Februari 2021 dengan durasi waktu masing-masing 100 menit.

“Ini sesuai waktu yang dibuat oleh Kemntrian”, jelasnya.

Dijelaskan pula, adanya simulasi kedua untuk refleksi dan diperkenalkan tipe-tipe soal. Selanjutnya untuk pelaksanaan bimbingan online tanggal 24 Februari s.d. 6 Maret 2021, peserta dari 35 kab/kota akan dibagi dalam 24 zona dan dalam kluster 6 Korwil eks Karesidenan. Diharapkan para peserta bisa mengikuti bimbingan dalam zoom meeting dalam tiap zona masing-masing 120 menit.  Dan peserta yang tidak bisa mengikuti moda daring bisa mengikuti melalui streaming youtube, khususnya bagi meereka yang saat ini belum mendaftar dan ingin mengikuti kegiatan tersebut. 

Berbagai informasi tentang kegiatan ini dapat diikuti pula melalui kanal youtu.be berikut ini;

  1. Penjelasan teknis dan jadwal Simulasi-Bimbingan 
  2. Kekurangan 1 Juta Guru Akan Dipenuhi Melalui Formasi PPPK dan CPNS
  3. Pembukaan Rakor 
  4. Kebijakan Program 
  5. Penjelasan Teknis ,
  6. Rekrutmen GTK PPPK 2021 
  7. Penutupan Rakor 

Saran dan Masukan 
Berbagai saran dan masukan terkait kegiatan ini muncul dari para peserta, diantaranya; Ketua PGRI Kabupaten Grobogan, Drs. Amin Hidayat, MPd berharap agar disediakan aplikasi  yang bisa diakses peserta. Selain itu juga berharap agar PGRI Kab/kota tetap diijinkan menyelenggarakan kegiatan serupa dengan alasan makin banyak pelatihan peserta akan semakin siap menghadapi test nanti. 

Masukan juga datang dari Eko Lesmono, Sekretaris PGRI Kabupaten Semarang yang meminta penjelasan tentang kisi-kisi materi Kompetrensi Teknis dan bagaimana peran kabupaten/kota dalam kegiatan ini. Ia juga minta data pendaftar dari masing-masing kab/kota.

Heru, SLCC PGRI Kabupaten Purbalingga meminta agar pihaknya juga dimasukan dalam grup telegram untuk bisa mengikuti berbagai kegiatan terkait. Diusulkan juga agar peserta dari wilayahnya bisa ditempatkandi aula PGRI Kabupaten Purbalingga. .   

Sunarto,Sekretaris PGRI Kabupaten Banjarnegara mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PGRI Jawa Tengah untuk memfasilitasi simulasi test P3K ini. Ia selanjutnya minta agar PGRI Kabupaten/kota diberikan TOT, sehinggan nantinya tidak tergantung lagi dengan provinsi. 

Dr. Nur Khoiri, Ketua PGRI Kota Semarang menginformasikan bahwa pihaknya menerima keluhan dari guru-guru honor yang usianya  50-55 tahun yang mengaku sudah “adem panas” sebelum menghadapi test untuk bersaing dengan guru-guru yang lebih muda. Karena itu pihaknya minta agar diperjuangkan adanya poin nilai masa pengabdian  untuk memproteksi mereka agar bisa lolos atau diterima dalam test PPPK  nanti. Ia juga berharap agar diberikan rambu-rambu untuk materi test kompetensi teknis. 

Semua saran dan masukan tersebut diapresiasi dan ditanggapi positif oleh panitia dan Ketua PGRI Jateng demi keberhasilan para peserta test nanti. (pur/wis)