Ketua PGRI Kab. Semarang: Walaupun di Masa Pandemi, Peserta Didik Harus Tetap Terlayani dan Mendapat

Posted by Admin on Slider
Ketua PGRI Kab. Semarang: Walaupun di Masa Pandemi, Peserta Didik Harus Tetap Terlayani dan Mendapat

Konkerkab Tahun Pertama MB XXII PGRI Kabupaten Semarang

*Ketua PGRI Kab. Semarang: Walaupun di Masa Pandemi, Peserta Didik Harus Tetap Terlayani dan Mendapat Haknya*

*Kreativitas dan Dedikasi Guru untuk Indonesia Maju*

Tengaran, Sabtu (7/8)-Infokom PGRI Jateng. Konferensi Kerja PGRI Kabupaten/kota adalah salah satu bentuk ketaatan pengurus dalam menjalankan agenda organisasi sesuai ketentuan AD/ART PGRI untuk menilai pelaksanaan program kerja selama satu tahun dan menetapkan program kerja PGRI satu tahun berikutnya. Demikian antara lain diungkapkan Ketua panitia Konferensi Kerja Tahun Pertama MB XXII PGRI Kabupaten Semarang, Eko Lesmono saat melaporkan kegiatan tersebut, yang berlangsung di SMP N.2 Tengaran, Sabtu (7/8).

Pada kesempatan terbut Eko Lesmono yang juga sekretaris PGRI Kab. Semarang juga melaporkan tentang kegiatan Konkerkab tersebut dilaksanakan secara blended diikuti 48 peserta secara luring dan sekitar 300 yang mengikuti secara daring terdiri dari pengurus PGRI Kab.Semarang, 19 cabang dan 1 cabang khusus PGRI Kab Semarang dengan mengusung Tema, “Kreativitas dan Dedikasi Guru Untuk Indonesia Maju”.

Ketua PGRI Kabupaten Semarang, Sukaton SH MH dalam sambutannya mengungkapkan, PGRI berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran covid 19. Sukaton yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang ini juga terus mendo rong dan memotivasi guru-guru maupun kepala sekolah di Kab.Semarang dalam melaksanakan pembelajaran daring selama pandemik berlangsung ini agar peserta didik tetap terlayani dan mendapat haknya walaupun berbagai tantangan dihadapi dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di lapangan.

Sukaton juga mengungkapkan berbagai program kegiatan untuk membantu guru-guru dalam peningkatan kompetensi melaksanakan PJJ diantaranya program Pelatihan online aplikasi TIK yang secara rutin oleh PSLCC, Bintek pembelajaran berbasis TIK bagi guru, pemanfaatan google dan video pembelajaran.

"Semua program itu diperuntukkan bagi guru di Kab. Semarang dalam melaksanakan dan melayani pendidikan selama masa pandemi ini", demikian ungkap Sukaton bersemangat.

Ketua PGRI Jateng, Dr. Muhdi SH MHum dalam pidato sambutanya mengapresiasi pelaksanaan Konkerkab PGRI Kabupaten Semarang dan kerjasamanya dengan pihak pemerintah.

Dikatakan oleh Dr. Muhdi, disela perjuangannya memerangi covid.19 ini PGRI Kab Semarang terus berjuang untuk tetap melayani anggota dan pendidikan pada umumnya.

"Kegiatan Konkerkab ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam menjalankan agenda organisasi dengan baik", Tegas Dr Muhdi.

Dr.Muhdi juga mengungkapkan tujuan PGRI sejak kelahirannya yakni dengan tetap menjaga NKRI, memajukan pendidikan, memulyakan guru, dan menolong kesulitan guru.

Dr Muhdi juga berharap untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan, para guru harus terus meningkatkan kreativitas dan inovasinya.

"Dimasa pandemik yang sudah berlangsung 18 bulan dan dilakukanya PJJ, penguasaan penggunaan IT sangat penting bagi guru. Guru-guru harus mampu menunjukkan wajah keprofesiannya", tegas Dr Muhdi

Dikatakan, banyak guru honor yang menjadi penyelamat pendidikan saat ini. Untuk membantu mereka mengubah nasib dan masa depannya. " untuk itu kita harus terus perjuangkan nasib kesejahteraannya", pinta Dr Muhdi.

Dr. Muhdi juga menyinggung pentingnya generasi yang cerdas dan berkarakter unggul atau dalam istilah Kemetrian pendidikan saat ini disebut Profil pelajar pancasila. Untuk itu, gurunya juga harus berkarakter pancasila.

"Dan inilah komitmen PGRI yakni harus bisa menciptakan generasi yang unggul, dan hal ini tidak akan lepas dari guru yang unggul", tegas Dr Muhdi.

Membuka dan memberi sambutan pada acara Konkerkab tersebut Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha SH MH yang Hadir secara virtual.

Peserta konkerkab yang hadir secara luring juga diberi pembinaan dan arahan oleh Wakil Bupati Kab Semarang H.M Wazari MSi. Hadir juga dalam kesempatan itu Ketua DPRD dan Ketua komisi D Kabupaten Semarang.

Acara pembukaan konkerkab diakhiri dengan peninjauan ke segenap ruang di SMP N.2 Tengaran sebagai sekolah yang sehat dan ramah lingkungan ( Wis)