2016, Beberapa Universitas di Korsel Lakukan Penelitian di Indonesia

Posted by Admin on Berita
2016, Beberapa Universitas di Korsel Lakukan Penelitian di Indonesia

Semarang, Derap Guru. Universitas Pendidika di Korea Selatan akan berbondong-bondong melakukan penelitian tentang pendidikan di Indonesia mulai tahun 2016. Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Pendidikan dan Humaniora Universitas PGRI Semarang, Dr. Feny Roshayanti, M.Pd usai melakukan kunjungan ke Korea Selatan akhir Oktober 2015.

"Awalnya saya kesana hanya beberapa hari untuk menindak lanjuti kerjasama yang sudah dijalin antara UPGRIS dengan Kangwon National University (KNU), saya di daulat menjadi pembicara untuk mempresentasikan permasalahan pendidikan di Indonesia," terang Fenny kepada Derap Guru dan sejumlah media di ruang Rektor, Selasa (3/11).

Ia tidak menyangka ketika itu perwakilan dari beberapa Universitas Pendidikan di Korea Selatan turut hadir. Selesai menjadi pembicara ia pun diundang ke beberapa Universitas tersebut untuk membicarakan kerjasama lebih lanjut.

Fenny pun harus tinggal di sana selama beberapa minggu untuk mengunjungi Chuncheon National University of Education (CNUE) dan Chonbuk National University (CBNU) karena mereka juga meminta Fenny untuk menjalin kerjasama dengan mereka soal penelitian pedidikan.

Fenny mengungkapkan, Rektor CNUE, Prof. Lee Myon, Ph.D tertarik untuk meneliti pendidikan di Indonesia sehingga pada bulan Februari 2016 nanti dirinya akan berkunjung ke Universitas PGRI Semarang, untuk penandataganan kerjasama dalam bidang penelitian.

"Di Lain sisi saya memiliki pandagan untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPA di Indonesia, saya ingin merancang penelitian kolaborasi antara tiga Universitas di Korea tersebut dan beberapa di Indonesia tentang Science Motivation, Career Motivation, dan Evolution Preception," jelas Fenny.

Fenny pun mengungkapkan, banyak pihak di Korea mengaku heran mengapa peringkat pendidikan di Indonesia begitu rendah. Karena itu pula mereka ingin menjalin kerja sama untuk membantu. (d4)